Just..... Pengakuan.

saya sadar akan apa yang membuat saya letih selama beberapa dekade ini (lebe aja dekade-_-)
mungkin sebenernya tanpa sadar, saya udah nipu diri saya sendiri. haha.

ini terjadi semenjak saya memilih untuk masuk ke IPS.
IPS.
IPS.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.

makhluk sosial, makhluk yang suka berinteraksi dengan orang lain.

di kelas ini, entah sudah berapa kali saya diceramahi guru (maksudnya, beliau ngomong depan kelas, buat semuanya, bukan buat saya doang)
"jadi orang harus luwes. banyak berteman. jangan mau jadi orang introvert."

jlebb

tuh kalimat bener2 nusuk sampe ke ulu hati saya.

serius sebenernya saya pengen nangis saat itu juga. bahkan pas inget kata2 itu lagi di rumah, saya pengen nangis lagi.

dan mikir, "emang introvert sebegitu buruknya ya?"

orang2 suka menggolongkan manusia ke dua bagian.

dulu gue taunya dibedakan menjadi "manusia jahat dan manusia baik" tentu kalau yang ini, yang buruk itu yang jahat.

nah sekarang ada penggolongan baru, "introvert dan ekstrovert" jadi maksudnya yang buruk itu yang introvert? karena gue jarang bahkan belum pernah bener2 ngedenger orang mengkritik ekstrovert.

kenapa banyak dikritik? mungkin karena aneh kali ya. nggak biasa. jarang. populasi introvert di dunia hanya berkisar 25%. kebanyakan orang introvert itu penduduk eropa sana yang individualis. mungkin di indonesia presentasenya lebih dikit lagi. dan entah kenapa gue bisa termasuk ke golongan ini.

tapi jangan samakan orang introvert sama pemalu.

orang yang pemalu itu takut melakukan interaksi dengan orang lain karena khawatir gimana reaksi orang lain terhadap dirinya. kalo orang introvert, malas melakukan interaksi dengan orang lain karena memang nggak tertarik.

kalo memang harus, gue nggak pernah takut ngajak kenalan duluan, ngajak ngobrol duluan, atau tampil di depan umum. tapi kalo nggak harus dan kerasa ga ada gunanya, gue gak bakal mau repot2 buang energi buat ngelakuin itu.

orang introvert itu paling damai dalam kesendirian~~~ fuahaha. ini gue banget.

tapi setelah diomong guru kayak gitu. gue merasa
buruk.
sangat buruk.
sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat .......................................................................
buruk.

gue sempet nenangin hati sendiri dengan ngepost "gapapakan introvert tapi bisa terbuka di saat2 yang tepat?" di blog ini. silakan ubek2 sendiri.

tapi tetep aja. setelah itu pun gue masih menemukan kayaknya jadi introvert tuh dosa besar banget kalo di indonesia. terus gimana? gue kudu ngubah kepribadian?

gue mencoba dan kayaknya sih gue berhasil. menurut gue. gataudeh menurut orang lain.

tapi dalem batin gue ngerasa keilangan diri gue sendiri. terlebih......... lu tau apa? selama semester 1 kemarin gue boro2 produktif nulis.

rasanya gue kehilangan diri gue sendiri. karena selama kemarin2 itu, gue menganggap gue udah bukan lagi introvert.

sampe akhirnya, beberapa minggu yang lalu gue disadarkan. gue buka blog beberapa orang yang saaaaangat bagus. mereka menceritakan dirinya yang introvert. dan yeah, they're just like me. udah gue bookmark. ini linknya~

http://socialsilk.com/2012/07/29/community/nice-meet-introvert/
http://siiqebo.com/2012/11/21/introvert/

dan puncaknya, ternyata buku berjudul "Kreatif Sampai Mati!" karya Wahyu Aditya pun membahas tentang introvert! begitu baca sub babnya yang judulnya "introvert itu cool!" gue langsung spontan ngejerit "yeah! i love you dah, author!" wakakak. rasanya seneng gua bacanya. yah, banyak orang yang bingung bagaimana cara menghadapi introvert. tapi mereka ga tau, sebenernya introvert lah yang lebih bingung bagaimana supaya orang lain ngerti mereka.

cara ngadepin orang introvert? ga usah muluk2.

mereka cuma butuh dukungan.

dan jangan paksa mereka jadi ekstrovert.

kalo lo masih mau nyudutin introvert lagi,
lo berarti nggak pengen di dunia ini ada
komik
anime
film
lukisan
novel
lagu
Apple Inc
Harry Potter
dll
karena yang biasanya berkarya seperti itu adalah orang2 introvert yang menyukai beraktifitas dalam kesendirian.
orang yang nggak bisa sendiri mana tahan diem di komputer berjam2 cuma buat bereksperimen mengembangkan kreatifitasnya?
Steve Jobs juga bilang beliau tidak akan jadi ahli komputer kalau dia tidak berdiam diri di rumah.
dan JK Rowling, orang yang mengakui dengan bangga dirinya 100% introvert.

jadi, nggak ada alasan buat gue takut jadi introvert lagi.
silakan guru mau berkata apapun juga.
mereka hanya nggak mikir kalau dunia butuh keseimbangan.
mereka hanya nggak mikir ada kalanya manusia juga harus bekerja sendiri. nggak selamanya kita bisa mengandalkan bantuan orang lain.

seharusnya guru mengerti akan kondisi tiap2 anak didiknya sebelum ia mulai menggurui.

dan saya akan tetap jadi saya yang suka bertualang sendirian dan menemukan ide2 saya sendiri.
masih mau bilang itu salah? itu urusanmu. sama sekali bukan urusanku.
masih mau membasmi introvert? silakan saja kalau bisa. yang jelas kami akan tetap kembali seperti ini. karena kami paling nyaman menjadi seperti ini.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments: