udah gabisa normal--a

Ada satu kejadian di mana gua akhirnya bener2 nyadar, gua........udah gabisa normal.

Di sini semua nama disamarkan, karena gua gak pengen menyinggung siapapun. Tapi gue berharap, tulisan ini bisa menghantui pikiran mereka.

Waktu itu gue dan temen gue, namanya Gea lagi ngobrol2 di depan kelas. Gea lagi galau gara2 mantannya yaitu si Jeremy lagi deket sama cewek lain. Saat itu, tidak sengaja obrolan kita terdengar oleh Fina dan Mora yang berdiri gak jauh dari sana.

Kata Mora, “Gea... Gea... Cowok kayak gitu doang dipikirin.”

Fina nambahin, tapi gue lupa dia ngomong apa. Agak menyudutkan Jeremy gitu. Terus Mora pun nyambung omongannya tadi, “Mendingan lo sama si Putra aja biar memperbaiki keturunan! Jangan ama Jeremy sama aja jelek.”

Anjir. Sumpah gua gak terima pernyataan kayak gitu. Gua yang kebetulan pengen langsung cabut pun bener2 cabut gara2 ternyata Gea langsung narik tangan gue buat pergi dari sana. Mungkin dia pun sama geramnya kayak gue.

Ternyata bener. Gea geram abis. Yaiyalah. Cowok yang dia senengin dijelek2in. Cuma gara2 fisik.

Plis.

Jeremy itu sahabat gua dari smp. Nggak. Lebih dari sahabat. Kita terikat suatu rasa persaudaraan yang udah kita pupuk dari lama. Gua udah nganggep dia keluarga asli gue. Selama ini, nggak pernah terbersit di pikiran gua kalo Jeremy itu jelek. Nggak ada. Dia bahkan paling ganteng di kelasnya kalo bisa gue bilang. Karena gue kenal hatinya. Dia orangnya tulus, baik banget, gapernah punya niat jahat dan setau gue emang ga pernah berbuat jahat. Gapernah nyakitin hati orang. Dia pinterrrrrr abis! Waktu smp, yang gue anggep paling pinter sesekolahan tuh dia. Nilai rapotnya guede guede mulu. Terus anaknya sederhana sekali. Dia nyaris nolak masuk sman 1 gara2 keadaan ekonomi keluarganya, tapi gue dukung2 terus dan akhirnya dia mau masuk juga. Nilainya juga sempet merosot sih gara2 masalah keluarganya, tapi dia orangnya ulet. Mau usaha terus. Gapernah tinggi hati. Dia beda dari semua orang di kelasnya. Dia bahkan gak punya laptop atau komputer di rumah, tapi dia bisa ngikutin pelajaran. Gua rasa yang namanya orang keren dan hebat itu ya dia. Bukan temen2 sekelasnya yang berlomba pake sepatu termahal.

Kebaikan jeremy bikin gua ga pernah ngeliat dia dari fisik. Inner handsome, itu yang gue liat. Gue kecewa sama banyak manusia2 biasa di sekitar gua yang masih aja ngejudge orang dari fisik. Kalo tampang udah gak catchy di mata mereka, langsung mereka katain jelek. Tapi........itulah manusia normal. Dan gue? Gue sadar, gue udah gak normal.

Gue punya penilaian dan standarisasi sendiri dalam menilai orang. Gue udah gak bisa nilai orang dari fisiknya atau dari kesan pertama gue kenal. Kesan yang cuma selewat gitu biasanya meleset jauh dari kenyataan. Mau gue sebut keren? Hebat? Cantik? Ganteng? Baik?

Keren, orang yang keren menurut gua adalah orang yang hidupnya berpanutan sama agama. Atau orang yang jadi dirinya sendiri dan terus berusaha mengembangkan dirinya jadi lebih baik serta bermanfaat bagi orang lain, nggak mengucilkan siapapun, mau nerima siapapun apa adanya. Terus juga orang yang berani beda dari orang2 di sekitarnya....asal beda-nya itu gak negatif. Laluuu, orang yang mandiri dan sederhana, ini juga keren banget. Terakhir, orang yang nolak fashion, trend, dan mode.

Hebat, orang yang hebat menurut gua adalah orang yang punya prestasi atas keinginan sendiri, usaha sendiri, dan hasil sendiri. Tentu saja dibarengi dengan doa. Orang yang hebat itu percaya diri, tapi juga nggak meremehkan orang lain. Selama hidupnya, dia mau terus dan terus belajar.

Cantik atau ganteng, orang yang cantik atau ganteng secara fisik belum tentu gue sebut cantik atau ganteng. Lagi2 ini berurusan sama inner, dimana yang namanya inner mah bakal tahan lama. Sedangkan outer bisa ilang kapan aja. Misalnya gara2 kecelakaan.

Baik, orang yang gua sebut baik tuh.........gua dasarkan pada niat si orang tersebut. Ada kan orang yang cuma terlihat baik atau berlagak baik cuma demi dapet penilaian bagus dari orang2? Nah itu menurut gue ga banget. Dia baik karena ada maksud dan tujuan. Itu namanya ‘sok baik’. Hare gene masih pengen banyak fans? Plis.

Salah satu contoh nyata orang ‘baik’ tanda kutip adalah Bianca Dominique. Anak twitter yang banyak hatersnya haha. Dia baik karena pengen followersnya banyak dan dia juga bikin fanpage gitu. Tapi akhirnya setelah terbongkar kalo kebaikan dia itu fake belaka, kena batunya deh.......

Jangan berdakwah di dunia maya dengan mengharap retweet atau like, bro....... lebih baik action langsung di dunia nyata. Hasilnya juga bakal lebih maksimal.

Sudut pandang gua emang agak aneh. Karena gua selalu ngeliat suatu permasalahan dari dua sisi. Kebanyakan manusia cuma ngeliat dari satu sisi. Kayak contohnya..... kalo baca cerita bawang merah dan bawang putih, kalian langsung ngejudge semua permasalahan salah bawang merah bukan? Gua nggak. Gua bakal nilai dari dua sisi. Gua nilai dari sisi si bawang putih, dan gua nilai dari sisi si bawang merah. Nggak mustahil kalo sebenernya bawang putih cuma orang sok baik dan lenjeh yang bikin si bawang merah muak sama dia. Dan bawang putih menggunakan kepolosannya itu buat narik banyak hati orang.

Semua permasalahan di dunia ini cuma permainan sudut pandang.

Orang yang memukul seseorang pasti dianggap salah, padahal, tentu ada alasan yang membuat ia terpaksa memukul orang itu.

Orang yang dipukul, seolah ia adalah korban yang tidak bersalah, padahal justru dia yang awalnya memancing emosi orang lain untuk memukulnya.

Seorang guru, jika ada kejadian kayak gitu, rata2 langsung menghukum orang yang memukul tanpa menanyakan alasannya memukul terlebih dahulu.

Itulah bukti nyata kalo sudut pandang manusia di dunia ini masih biasa banget.

Kayak bersihin kaca jendela, kalo mau ngeliat dengan jelas, harus dibersihin kedua sisinya. Permasalahan juga sama, kalo mau tau kebenarannya, kita harus punya sudut pandang dari kedua sisi.

Gue, sebagai yang nulis ini, masih sering salah paham sebenernya hwohwohwohwo. Tepatnya kalo gue udah kemakan emosi duluan. Gue masih progress menghilangkan sikap jelek manusia biasa gue hehehe.

By calon orang sukses,

Amira Gates.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment