Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia


Perpustakaan Pusat UI adalah salah satu yang terbesar di Asia koleksinya. Perpustakaan ini menempati lahan 2,5 hektaredengan luas bangunan 33.000 meter persegi dan diresmikan tanggal 13 Mei 2011. Perpustakaan ini mulai dibangun semenjak Juni 2009. Perpustakaan ini memiliki 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, taman, restoran, bank, serta toko buku. Perpustakaan ini diperkirakan mampu menampung 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau 20.000 pengunjung per hari.

Well, tapi gue gak akan menjelaskannya sebaku itu haha.

Perpusat ini juga sering disebut sebagai crystal of knowledge or kristal pengetahuan mungkin karena kalo diliat-liat emang beneran sih gedung ini tuh berkilauan dan itu indah abis.

Tapi di samping itu, beberapa anak psiko bilang perpus tuh bukit teletabis. Mungkin karena kita melihatnya dari perspektif berbeda, yaitu dari belakang. Berhubung kampus kami memang ada di belakangnya perpusat.


Yang jelas perpusat itu KEREN. Bahkan udah mulai lebih femes daripada gedung rektorat.

Gue sendiri punya affair terhadap perpusat ini dalam banyak hal hahaha~

1. Zaman maba
Yak, jaman OBM, OKK, dan padus kagak mungkin lo gak pernah nyoba satu kali pun masuk ke perpus. Kalo emang gak pernah, ke-UI-an lo diragukan (?)
Perpus kalo lagi zaman-zamannya ada maba tuh, wuih.... penuh abis! sepenuh-penuhnya lah! selain penuh ama manusia yang entah ketemuan ama kelompok okk, atau sekedar ngadem ngelepas penat abis ospek, juga yang paling bikin penuh itu adalah mereka yang bergerombol lesehan sambil bikin peralatan ospek. Salah satu yang cukup heboh itu adalah anak FE dan FMIPA. Ribet sekali lah alat2 yang mereka buat.
Perpusat juga jadi tempat ketemuan yang cukup umum dipakai untuk kumpul2 angkatan waktu awal2 atau rapat segala macem pas maba.

2. Ketika di perpus, gue mendadak produktif.
Kalo di kosan kayaknya tiap selesai nulis separagraf itu langsung nyari kerjaan lain buat istirahat sampe akhirnya keterusan gak ngelanjutin kerjaan. Nah kalo di perpus itu entah ada energi apa gue bisa kerjain berparagraf2 dengan fokus. Gue juga kalo belajar di perpus itu bisa jadi fokus dan paham banget gak ngerti kenapa.

3. Perpus adalah tempat pengungsian di saat kutek mati lampu
gue gak ngerti lagi kenapa yang namanya kukusan teknik itu tiap minggu2 UTS dan UAS ada aja satu hari mati lampu, malah pernah waktu itu three days in a row. parah lah ya. nah, biasanya gua langsung cabut ke perpus tuh kalo gitu. Lumayan kan bisa numpang2 ngecas, ngisi amunisi laptop dan hp, bisa sekalian internetan dan belajar2 lucu, plus adem lagi.

4. Perpus punya kebon apel, yay!
"sekudet2nya anak UI adalah yang gak tau apa makna dari kebon apel." - gw

5. Perpus menyelamatkan gue menyelesaikan tugas dengan baik tanpa ngeluarin biaya
Ya lo tau kan jurnal itu kalo beli semahal apa? Nah Perpus tuh ngasih akses buat mahasiswa UI supaya bisa akses jurnal2 yang bayar menjadi grateees! kurang cinta apa gue ama perpusat.

patah hati level: nemu jurnal bagus tapi bayar < but then perpusat saves me.

6. Perpusat adalah tempat yang ramah bagi kaum introvert.
Yep, meskipun gue sering ke perpusat bareng temen, tapi kalo gue itung2 sih gue agak lebih sering ke perpusat sendiri. Dan ke perpusat sendiri tuh nyaman2 aja men. Kayak lo bisa melakukan banyak hal seorang diri di tempat ini tanpa ngerasa kikuk.

7. Perpusat adalah salah satu yang membuat gue tertarik masuk UI


foto di atas adalah foto2 gue sebelum masuk UI hahaha. semacam amazed dan norak ngeliat perpus segede ini bisa ada di dunia(?) abisnya, kalo dibandingin ama perpus sma gue...............
yha jangan dibandingin lah ya jauh, bu.

pokoknya lope deh ama perpusat < ini penutup macam apa deh.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment