Instan? Ga ada yang namanya instan!

Kelas 9

lo tau men, di saat anak kelas 9 mikir mau sma di mana, gue... mikir mau kuliah di mana! haha plis-_- jadi emang dari dulu gue tuh nganggep sma cuma sekedar jembatan buat menuju kuliah aja. gak lebih.
dan pas kelas 9 ini, gue kepengen masuk unpad. fikom. hwehe. kalau nggak sastra indonesia. padahal belum ngerti kayak gimana belajarnya.

Kelas 10

gue mulai mengerti dunia perkuliahan sedikit2. dan di sini, gue udah ga terlalu pengen masuk unpad. kenapa? karena gue baca di twitter bahwa komik conan volume terbaru selalu terbit paling awal di gramedia depok. dan gue pun jadi pengen kuliah di UI karena UI ada di depok! dan terserah lo mau percaya apa nggak, tapi waktu dulu, gue nggak tahu kalo UI itu universitas yang lumayan bagus ._. univ yg gue tau ya unpad itb upi doang < mantan anak bandung

terus akhirnya gara-gara conan juga, intinya gue follow akun conan di twitter, dan dia ngeshare jurusan2 apa di perkuliahan yang cocok buat penggemar conan... ada kedokteran, hukum... dan satu yg bikin gue tertarik banget-bangeeeet KRIMINOLOGI!

sejak saat itu, gue mempelajari kriminologi. gue download banyak ppt nya dan pas gue baca, gue mikir, "ini gue banget!" gara2 pengen masuk kriminologi juga, gue jadi pengen masuk jurusan IPS. nah, tapi, kriminologi memang cuma ada di UI. dan saat itu lah gue makin yakin buat masuk UI (udah mah letaknya di depok yg gramedianya paling update, ada jurusan kriminologi pula!)

gue pun nyari2 informasi tentang UI,
dan gue baru sadar kalo UI adalah universitas yang cukup terpandang di Indonesia ._________.
hening
#kemanaajalomir
#mulaigakpede

kelas 11

kelas 11, gue jadi suka ngegambar, dan pengen masuk FSRD ._.
tapi sisanya nothing special. intinya gue pas kelas 11 ini jadi pengen masuk antara unpad, ITB, dan UI
emang pea sok banget jago

kelas 12 semester 1

di saat orang beli buku UN, gue malah beli buku SBMPTN
dan GO sering banget ngadain try out SBMPTN
walhasil gue malah senengan ngerjain soal SBMPTN dibanding UN._.
menurut gue soal UN membosankan
gue gak bilang UN gampang, tapi sungguh membosankan.
SBMPTN lebih menarik untuk dikerjakan daripada soal UN

kelas 12 semester 2

nah ini lah masa2 tergalau
gue sangat plin-plan
di pikiran gue, banyak banget jurusan yang gue tertarikin
ada kriminologi, FSRD, fikom, HI, sasjep~
tapi kriminologi tetep numero uno
cuma ortu gue gak setuju gue di UI
dan gue ngeliat juga reaksi guru gue pas gue bilang mau kriminologi, mereka tuh kayak gimana gitu
nah tapi akhirnya gue disarankan nyoba manajemen unpad

sejak saat itu, tiap ada yang bilang gue mau ke mana
gue selalu bilang manajemen unpad
dan mereka reaksinya gak aneh kayak kalo gue bilang kriminologi UI
di situ gue jadi pede
gue kepedean bakal diterima di manajemen UNPAD

SNMPTN

akhirnya, gue pun dengan mantep ngisi form SNMPTN dengan susunan seperti ini:

Pilihan pertama: Manajemen UNPAD
pilihan kedua: Ilmu Hukum UNPAD
Pilihan ketiga: Manajemen UNDIP

dan saat itu, apa perasaan gue? pede.


beberapa lama setelah verivikasi SNMPTN

lo tau apa yang gue rasakan?
dari pede, gue berubah 180 derajat menjadi................. MENYESAL.
kenapa?
pertama, gue tau bahwa univ yg paling banyak dipilih oleh lulusan 2014 adalah UNPAD
dan prodi yg paling banyak dipilih oleh lulusan 2014 adalah Manajemen
dari dua pertanyaan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa GUE SALAH BANGET MILIH MANAJEMEN UNPAD

terlebih, ketika gue tau bahwa UI bahkan gak masuk 10 besar univ yg banyak dipilih.......
gue nyesel..............
nyesel banget.............
emang sih mungkin UI emang peminatnya gak banyak, tapi kalo yg milihnya anak pinter semua sama aja boong
tapi seenggaknya gitu gue pengen nyoba UI

saat itu apa yang gue rasa adalah: gue takut diterima di Manajemen UNPAD
gue pengen nyoba UI......
gue pengen batalin verifikasi
tapi ntar ribet lagi.........
aaargh gue harus gimana??????

di puncak penyesalan, gue bahkan pernah ngetweet gini


sehari sebelum pengumuman SNMPTN

tapi saya adalah makhluk yang plin-plan. dipikir2, saya males belajar lagi buat SBMPTN. kalo dapet SNMPTN kan enak, gue gak perlu belajar, gue tinggal seneng2 selama berbulan2 dan tinggal nunggu kuliah
kalo SBMPTN? gue belajar lagi, mikir lagi, tegang lagi..........

jadi, di situ gue berdoa biar gue dapet SNMPTN
gue bener2 makhluk yang hina -_-

hasil SNMPTN

gak perlu gue ceritain dengan detil kan?
gue rasa gambar ini cukup untuk menjelaskan semuanya


asli, reaksi gue sendiri sih biasa aja.
yg gue gak suka apa coba?
reaksi orang2 terhadap gue
mereka nganggep kayak mustahil banget gue gak masuk lewat SNMPTN
yaelah, lo kalo gak ngerti sistem penilaian SNMPTN tutup mulut aja deh.

pra SBMPTN

di sini gue galau.
GIMANA CARA GUE BELAJAAAAAAAAAAR
JURUSAN APA YANG HARUS GUE PILIIIIIIIIIIIIIH
MANAJEMEN LAGI?
KRIMINOLOGI?
FSRD?
HUKUM?
PILIHAN KETIGANYA APAAAAAAAAA
APA YANG PANTES DIJADIIN PILIHAN KETIGA?
URUTANNYA GIMANAAAAAAAAAAAA?

setelah berteriak2 terhadap diri sendiri, gue mencoba berpikir..............
kenapa dari dulu, tiap ada orang yang bilang kalo dia pengen masuk psikologi, gue pasti ngedukung?
kenapa ya?
dan gue ngedukung dengan embel2, "nanti bagi ilmunya ke gue ya!"
okedeh..........
gue pun yakin untuk menaruh Psikologi UI di pilihan pertama

TERUS SISANYA GIMANAAAAAAAAAAAAAAAAAA?

gue masih penasaran FSRD, apalagi kriminologi
kriminologi menurut gue masih bisa dikeduain. tapi fsrd? nggak lah ya.
yaudah kriminologi di pilihan kedua.

PILIHAN KETIGANYA APAAAAAAAAAAAAAAAA?
UI LAGIIIIIIIIIIIIII?
GILA AJA LO! SAMA AJA SIMAK KALO UI SEMUA MAH!

yaudah unpad deh unpad!
walopun udah sakit hati sama unpad :|
yaudah deh karena gue pengen suatu saat bisa nonton anime tanpa subtitle
sastra jepang UNPAD aja.

setelah menetapkan pilihan, yang gue lakukan adalah
nggak mau nyari info tentang SBMPTN.
asli, waktu SNMPTN itu gue terlalu banyak nyari info. nyari daya tampung lah, keketatatan lah, saingan gue dari mana aja lah, penilaiannya gimana lah, yang favorit yang mana lah
SBMPTN? gue bodo amat.
gue cuma peduli buat dateng pas ujian, ngerjain LJK dengan sebaik2nya. banyak2in berdoa sama Allah. info seputar SBMPTN mah bodo amat mau saingan gue berapa kek, apa kek.

SBMPTN

sebelum SBMPTN, gue muntah.
udah kayak pas UN aja, tiap tegang gue bakal muntah-_-
mana gue ketiduran di masjid dan dateng ke ruangannya telat, untung masih pada ngisi identitas-_-
tapi gue ngos2an, dan begitu ngerjain, gue langsung buka TPA terus pas baca soalnya gue memaki "SOAL APAAN ENEEEEEEHHHHHHH"
sinonim antonimnya parah banget. pilihan jawabannya artinya banyak yang berdekatan-_- terus lagi tipe soal selanjutnya ada tipe yang baru. paraaah paraaah
TKPA made me dizzy

untung pas SOSHUM lancar kayak jalan tol..............
jalan tol di jakarta tapi.

Pasca SBMPTN

kerjaan gue cuma berdoa~
bapak gue udah ngomong aja ntar nyari kosan di depok, ntar anter jemput gue di depok........ gue sendiri.......
I'm pretty pessimistic-_-
karena sempet ada di timeline, info bahwa peminat SBMPTN UI jadi banyak dibanding SNMPTN kemaren
dan menurut gue sih orang2 yang berani naro UI di pilihan, sudah pasti kudu gue waspadai :|
gue pasrah aja lah
walopun tiap hari gue selalu nanya ke ibu gue, "bun teteh kalo ga keterima gimana?"
"bun kalo teteh gak keterima, ntar diemin teteh aja ya selama beberapa hari. abis itu teteh bakal normal lagi kok."
"bun masih ada simak sama UM undip kok. gapapaya kalo ga keterima."

Hasil SBMPTN

gue buka sekitar jam 17.30 bareng sahabat gue, dan hasilnya adalah muncul gambar ini


ALHAMDULILLAH!
gue teriak, gue sujud syukur, gue terus ngomong alhamdulillah, terus gue kegirangan kayak orang gila (?)
men, gak nyangka, men.

in the end,
I would say thanks to...

1. Allah SWT
Oh Allah, saya nggak bisa ngelakuin ini tanpa Rahmat dari-Mu.
Saya kacau, saya bodoh tanpa Mu. Terimakasih ya Allah, karena Engkau telah memberikanku rezeki yang indah seperti ini di bulan Ramadhan.
Maafkan saya Ya Allah, begitu banyak dosa saya, tapi Engkau masih memperhatikan saya...
masih memberi saya cobaan dan rezeki yang sangat bermanfaat....
Aku mencintai Mu Ya Allah...

2. Orangtua
Ridho Allah adalah ridho orangtua :)
makasih..... karena udah mendoakan aku dan Rafiq setelah sholat supaya kami mendapatkan yang terbaik :)

3. Rizka Belinda Utami
seorang sahabat. teman sekelas. teman main. teman belajar. guru yang sepantaran usianya. saingan nilai Try Out. udah ngeduluin gue keterima di Universitas Brawijaya lewat jalur SNMPTN.

4. Arief
nggak pernah lelah ngadepin gue. ngedoain gue terus. kadang ngeselin, kadang gue ngeselin, tapi tetep jadi tempat buat pulang di dunia ini. makasih.

5. Ganesha Operation
makasih, bikin saya pede. udah ngasih kesempatan buat belajar dengan cara yang beda dari sekolah, dikasih buku bagus, bisa try out sering2, bisa konsul dengan guru2 yang asik. makasih, buat Bu DT, Bu Niken, dan yang lainnya.....

6. Zenius
makasih udah jadi bimbel online yang sangat bermanfaat setelah saya tidak lolos SNMPTN dan tidak mau keluar rumah, gamau GO, jadi belajarnya di Zenius ajaaa
buat anak kelas 12, Zenius ini recommended banget.
dan jangan kayak saya, ikutnya dari sebulan sebelum SBMPTN. mending ikut dari awal kelas 12 aja!

7. Guru di Sekolah
Bu Upi, makasih Bu udah ngajakin saya ikut olimpiade ekonomi. dulu saya ga terlalu ngerti manfaatnya apa dan males. tapi baru kerasa pas SBMPTN. ngerjain ekonomi jadi lancar. nggak kebayang gimana saya ngerjain soal2 itu kalo ga pernah ikut olimpiade2 ekonomi.
Bu Nani, makasih udah mengajar ekonomi dan akuntansi dengan cara yang sangat kami pahami sekali hingga ke konsep2nya :)
dan guru lainnya...

8. IMC
makasih karena udah banyak berbagi selama di kelas, di sekolah~

9. SUNKIST
10. Seluruh angkatan 36
12. Siapapun yang udah ngedukung dan ngedoain

terimakasih banyak buat kalian semua, dengan setulus hati.
saya juga gak boleh puas dulu, karena ini masih awal... semoga bisa melakukan yang terbaik untuk tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya, berjuang terrruuuus!




Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

9 comments:

  1. ceritanya sama kayak cerita gua :D
    suka banget sama tulisan ini wkwk

    ReplyDelete
  2. Kak masih nulis novel gk? Terus kuliah di mana ? Saya fans baru kakak wkwk

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Oooh sibuk kuliah ya? Namanya juga UI. Ya udh deh gpp sukses terus ya kak. Oh ya nama twitter kakak apa ya hehe?

      Delete
  4. iya, padahal aku bukan orang yg bisa sibuk :''''''''') amin amin.. @shinigamira :D

    ReplyDelete
  5. Honestly sih, cerita ini gaada specialnya dipandangan saya. Karena saya berusaha lebih dari ini, dilemma lebih dari ini, ngarep lebih dari ini, berdoa lebih dari ini sampe sering bgt tahajud dan nangis kejer sendirian dikamar mohon mohon sama tuhan. Perjuangan saya sama ayah saya lebih dari ini. Tapi gagal sbmptn. Sekarang mau gap year sambil kuliah, udah lupa sama tragedi kemarin, tapi masih suka nangis nyesek kalo inget.
    Kalo boleh jujur, sebenernya cerita kamu ini termasuk kategori alur instan.

    ReplyDelete