transformasi

menurut gua kehebatan seorang seniman terletak pada bagaimana dia mentransformasikan pikirannya terhadap orang lain.

gue percaya bahwa setiap orang di dunia ini pasti memiliki ide, tapi mengapa tidak semua orang di dunia ini bisa menjadi penulis, penyanyi, pelukis, animator, filmmaker, fotografer, penyair, stand up comedy-er?

yap, karena tidak semua orang mampu mentransformasikan isi hati dan pikiran dia kepada orang yang melihat karyanya.

seperti yang kita tahu, punya ide bagus itu bisa datang di mana saja, tapi bagaimana kita mentransformasikan isi pikiran itu menjadi untaian kata2, hingga membentuk kalimat, paragraf, hingga wacana yang bisa dimengerti oleh pembaca yang lain itulah yang susah.

begitu juga dengan menggambar, membuat film, dan membuat lukisan. di pikiran kita juga sudah ada bayangan gambar apa yang akan dibuat, tapi bagaimana kita menggoreskan pena, mengatur komposisi, agar menjadi sesuai bayangan kita dan dapat dinikmati oleh orang yang melihatnya juga itulah yang sulit.

menyanyi, banyak orang yang bisa menyanyi. tapi hanya segelintir orang yang mampu menyanyi dengan segenap perasaannya hingga orang lain yang menonton pun tahu apa yang ia rasakan. itulah penyanyi, dia menyanyi bukan hanya sekedar melantunkan nada, tapi merupakan ekspresi diri.

mampu mentransformasi bukanlah bakat dari lahir, meski kamu belum memilikinya sekarang ini, bukan berarti kamu tidak akan memiliki hal itu selamanya. mentransformasikan pikiran dapat dilatih secara perlahan dan terus-menerus.

selamat berlatih mentransormasikan pikiran, dan jadilah "seseorang"!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments: