Who knows what will happen on the bridge?



Bagaimana saya menyebut Sekolah Menengah Atas sejak dulu?
Jembatan.
Saya menamakannya jembatan, semenjak saya lulus dari SMP. Yang saya lihat dari SMA adalah... SMA itu merupakan jembatan. Jembatan yang akan menghubungkan saya ke dunia baru, dunia di mana saya akan benar-benar tahu kejamnya hidup. Yang dulu saya hanya benalu bagi orangtua saya, setelah SMA saya harus belajar hidup mandiri.

Tapi jangan salah, meskipun SMA di mata saya adalah jembatan, bukan berarti mudah menjalaninya. Tinggal lewat saja? Tidak begitu. SMA bukanlah sebuah jembatan yang mulus. SMA adalah jembatan yang rapuh, penuh tambalan di mana-mana, mudah bergoyang apabila kita tidak stabil saat berjalan di atasnya, serta banyak rintangan dan hambatan yang membuat kita sulit untuk berjalan ke ujungnya.

Yang membuat saya tidak menyerah di atas jembatan ini adalah... Saya orang yang optimis. Saya optimis dunia baru yang akan saya lihat setelah saya mencapai ujung jembatan itu lebih indah daripada dunia saya yang sebelumnya. Makanya saya terus berjalan apapun yang terjadi.

Ngomong-ngomong, saya tidak berjalan di atas jembatan itu seorang diri. Saya mulai memasuki jembatan tersebut bersama ratusan orang sekaligus. Ada juga seseorang yang menjadi sahabat saya ketika hendak memasuki jembatan tersebut. Kita mulai berjalan memasuki jembatan itu dalam waktu bersamaan, namun dia berjalan di atas jembatan itu lebih cepat daripada saya. Ketika dia sudah mau mencapai ujungnya, saya baru sampai di pertengahan.

Tapi entah kenapa saat dia tinggal selangkah lagi untuk keluar dari jembatan, ia menengok ke arah saya satu kali, lalu tersenyum, dan mengulurkan tangannya pada saya. Saya menyambut tangannya. Tapi karena jarak kita terlalu jauh. Tangan kita hanya bergandengan di dalam imajinasi kita masing-masing. Ya, hanya di dalam imajinasi yang terasa begitu nyata.

Dan orang itu adalah Arief. Ya. Orang yang akan saya temui lagi setelah saya keluar dari jembatan itu.

***

oke flashback sedikit dengan bahasa yang tidak sebaku di atas dah wakakak
pada awalnya gue nggak mau ngatur sedikitpun hidup dia, gue bener2 mau set him free. dari awal gue tau kalo dia jarang belajar, lebih banyak main game, jarang les, dll. tapi ya gue diem aja.
kemudian, baru deh sekitar akhir april, ada satu dan beberapa hal yang mendorong gue buat ngomong ke dia... supaya rajin les dan belajar lebih giat lagi ._____. dan di satu sisi gua merasa seperti emaknya. tapi yasudahlah. demi kebaikan dia juga kan.

gue nggak tau itu pengaruh omongan gue apa bukan, tapi kayaknya sih bukan (?) yang jelas dia udah mulai mau masuk les lagi, bahkan ikut try out. selain itu dia juga pernah beberapa kali belajar bareng gue :D yang pertama adalah waktu kita makan takoyaki, terus pas di rumah gue, terus pas di rumah dia... nah setelah itu kita mulai susah bertemu haha. media elektronik adalah satu-satunya yang bisa diandalkan buat tetep komunikasi.

kadang juga kita masih tetep ngebahas soal. malahan waktu itu pernah, pagi2, gue baru bangun tidur tapi itu sekitar jam 9an gitu pokoknya dia lagi istirahat kan dan abis itunya dia bakal masuk buat ngerjain soshum. nah dia nanya2 soal ekonomi gitu. otak gue namanya baru bangun tidur susah banget kan ngeload data yang entah tersimpan di laci mana dalam otak gua-_-- tapi akhirnya gua jawab seinget gue aja. terus dia nanya lagi, tapi yang itu gua rada bingung jadinya gua balesnya lamaa~ tau2 dia keburu sms lagi, "eh nggak usah deh, udah masuk." jrenggg ini yang mau ngerjain soalnya siapa tapi kok gua yang jadi tegang ya-_____________-

pas gua tanya gimana, katanya dia lancar ngerjain tpa, soshumnya juga kata dia gampang, tapi kalo saintek dia cuma ketawa aja hahaha~ nah entah kenapa gua di situ berpikir (dan sebenernya sedikit berharap juga) dia masuk ke sastra jerman unpad aja... ITB emang keren, tapi lebih keren lagi kalo dia masuk ke bidang yang emang dia punya potensi di situ dan mengembangkan potensinya di bidang itu dengan sebaik-baiknya. gue mungkin sok tahu, tapi menurut gue dia lebih punya potensi di sasjer.

dan kemarin, tanggal 8 adalah pengumumannya hwhwhwh. jujur gue buka website sbmptn berkali2 dari jam 12 malem cuma buat liat countdownnya doang < sungguh2 kurang kerjaan. terus ngeliat countdownnya jadi tegang sendiri, tapi terus aja diliatin (?) pas jam 4-an enggak tau kenapa browser gua malah nggak mau buka website apapun yg berbau sbmptn. mungkin browser gua juga kebawa tegang (?) yaudah akhirnya gua menenangkan diri sambil baca komik.

teng. jam 5. gue liat hp, gak ada sms masuk. gue beralih ke komik lagi. ga konsen. liat hp lagi. hp udah nunjukin jam 5 lewat belasan tp jamnya agak kecepetan sih. akhirnya gue buka twitter. as i predicted, hot topic di TL adalah tentang sbmptn. "hore gue keterima di ......" "selamat ya kaka~" dan lain2. dan tiba2 gua ngerasa pengen. pengen banget kali ini gue ngucapin selamat.

emang, gua gak masalah dengan apapun hasilnya. tapi gue bener2 pengen ngasih selamat ke dia kali ini. gue nggak mau kayak pas abis pengumuman snmptn, masa gue harus ngehibur dia untuk yang kedua kalinya?

udah jam 5 lewat bangeeeet, dan akhirnya gua sms dia duluan. eh taunya tu anak baru mau buka kompi-_--- astagfirullah.... oke itu puncak ketegangan gue akui. dan di saat itu gue udah mikir aja kalo misalnya dia gagal gue harus ngehibur kayak gimana dengan kata2 apa, dan kalo misalnya dia berhasil gue harus ngomong apa. yak. gue udah siap apapun yang terjadi. gue udah tau gue harus ngomong apa. dan gue udah niat banget mau nelepon dia setelah hasilnya keluar.

nggak berapa lama, 1 new message. dari dia. gue udah tegang, eh taunya isinya cuma "MIRRRR"
mata gue langsung begini -______-
tapi gue punya secercah harapan *tsah. karena dari pengalaman gue, nggak mungkin kalo dia gagal dia sms sebegitu hebohnya ampe pake caps segala.
"APAAAAAA?" bales gue
"Sastra Jerman Unpad, I'm comiiing!" bales dia.
terus, terus ya... gue nyengir kuda. dan setetes dua tetes air mata keluar dari kelopak mata. wakakak. absurd tapi ini beneran kejadian ama gue.
tiba2 gue nggak bisa mikir apa2 lagi selain "alhamdulillah". kata2 yang sebelumnya udah gue pikirin matang2 buat diucapin ke dia tiba2 lenyap begitu aja. bahkan gue juga ga jadi nelepon karena saking sepiclesnya. suara gue susah keluar ahaha.

sekali lagi

omedetou, Rif. Genki de ne!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment: