when you have many friends but you're confused what to give...

semakin dewasa, tua, dan semakin dekat dengan angka 17 tahun yang emang bener2 penuh cobaan itu..... rasanya saya semakin pula mengerti dan menghargai satu kata simpel tapi punya banyak makna itu.......

"teman"

kalau dulu teman rasanya hanya orang yang menemani kita ke kantin atau pulang bareng, sekarang rasanya teman menjadi semakin kompleks lagi. dan ternyata kita sendiri lah yang membuatnya menjadi lebih kompleks. buat saya, teman adalah seorang partner yang melakukan hubungan timbal-balik terhadap saya dan kami benar-benar sudah saling mengenal.

seorang teman adalah orang-orang yang paling berharga dalam hidup saya. tanpa mereka, akan sulit bagi saya untuk berdiri. begitu banyak jasa mereka yang telah diberikan cuma-cuma kepada saya, tapi, apa yang sudah saya berikan terhadap mereka?

di saat gua lagi deket sama temen gua yang satu, yang lainnya terasa jauh dengan gue. yah, begitulah terus. karena temen gue emang berpencar. bahkan seringkali antara temen gue yang satu dan yang satu lagi nggak saling mengenal. cuma saling tau nama aja gara2 gue ceritakan.

karena itu satu hal yang gak gue pengenin adalah ketika temen gue cuma akrab sama satu orang aja.......dan satu orang itu adalah gue.

jangan. pokoknya jangan. gue bukan seseorang yang bisa ada di samping lo terus-menerus. suatu saat gue bakal pindah, bukan karena kemauan gue, tapi karena gue juga punya kepentingan lain yang nggak bisa ditinggalkan. yeah, gue gak mau kalo sampe ada yang ketergantungan sama gue.

gue nulis gini supaya orang yang mungkin merasa gue tinggalkan bisa ngerti... gue bukannya mau nyuekin, tapi gue emang gini. gue nggak bisa ngasih perhatian seratus persen ke kalian. hidup gue juga terbagi2.

kalo disuruh nyebutin siapa aja temen gue, gue bakal jawab dengan tegas: nggak bisa! kenapa? ya karena kekompleksan itu. kadang gue juga ragu untuk tetap menyebut orang yang dulu pernah deket dengan gue tapi sekarang jauh sebagai "teman". padahal mungkin dia masih inget nama gue juga nggak.

tapi kalau dua orang yang akan terus melekat di hati saya sebagai teman..........saya punya.

siska dan iqbal. sering mendengar namanya dari mulut saya? ya, anggap saja mereka adalah idola saya, orang terdekat saya, dan orang yang paling berjasa buat saya. semuanya benar, walaupun soal dekat atau tidak...... saya sih merasa dekat dengan mereka bahkan hingga sekarang. saya tidak pernah merasa mereka jauh, meski kalau soal jarak secara kenyataan, tentu mereka jauh sekali.

apa yang menjadikan dua anak itu istimewa? karena gaya berteman saya dengan mereka lain dengan saya dan orang lain.

siska, orang yang bener-bener baik, lembut, dan wanita...........wanita banget. sholehah. dan.....semoga itu menular ke gue ._. gue akui sebelum kenal siska, gue nggak bisa baca al-Qur'an. tapi suatu hari siska ngajak gue ke masjid, kita ngaji bareng, dan di situ gue terbata2 banget. gue yakin siska denger ngaji gue yang ancur tapi dia gak komentar apa2 (ampe sekarang masih terharu kalo inget kejadian ini -_,-) dan sejak itu gue pun ngerasa malu dan mau belajar al-Qur'an hingga alhamdulillah....... gue lancar :') pokoknya siska yang udah ngajarin gue banyak ibadah bahkan ngingetin gue untuk ibadah sunnah yang sebelumnya gak gue tau. dia juga bukan hanya kenal dengan diri gue, tapi juga kehidupan gue. dan gue pun ngerasa berharga karena siska sering minta pendapat gue tiap kali dia dihadapkan pada sebuah pilihan. kita main bareng, belajar bareng, dan beribadah bareng. menurut gue, di sinilah gue bener2 kenal hubungan pertemanan secara timbal balik.

berikutnya iqbal, orang yang bisa dibilang sisi agamanya kuat juga seperti siska. dan dia yang mendorong gue buat belajar banyak hukum dan teori agama. kenapa? karena dia sering ngajak gua debat soal itu. dan karena gua orangnya gamau kalah, ya gua otomatis belajar.
coba, mana ada lagi orang kayak iqbal. yang kalo dulu, sering banget dia manggil gue di tengah pelajaran, terus ngobrol panjang di koridor lantai dua (iye, dulu kelas kita sebelahan dan ada di lantai dua). awalnya biasanya kita ngebahas soal osis, lama-kelamaan? jangan ditanya. kalo gak debatin hal gak penting, ya curhat *kabur*. tapi ini orang rada2, kalo ngomong di koridor dia senengnya naik ke pager tembok itu dan suka acting kayak mau jatuh -_____- ustadz2 juga koplak lu bay. yah, susah nemu orang kayak gini lagi. orang yang bisa gue ceritakan apapun dan selalu bisa ngasih solusi yang keren. susah nemu orang yang bisa bikin gue ketawa dengan leluconnya yang garing. susah nemu orang kayak iqbal lagi dan kayaknya emang gak bakal ada lagi temen kayak gini......

dan, buat temen gua yang baca ini. lo pun gak kalah spesial juga kok. kita pasti punya pertemanan yang punya keunikan tersendiri juga bukan?
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

3 comments:

  1. boleh minta emailnya ga?
    aku mau share ttg novel yang kamu buat nih, sama pengen tanya-tanya ttg novel kamu. :)
    May I?

    ReplyDelete