The Power of "Nama"

"apalah arti sebuah nama" sering denger orang ngomong kayak gitu? ya pasti pernah denger lah ya. aduh kok bahasa gua jadi menggaring begini ye krenyes2 mungkin gara2 jarang ngeblog......

yah pokoknya, walaupun banyak orang ngomong kayak gitu, menurut gua sih... yang namanya "nama" itu..... penting.

nama adalah identitas kita, yang dipilih oleh orangtua kita. nama juga bisa berarti doa dari orangtua kita. yang mereka harap, nama itu kelak menjiwai kita ketika sedang dalam masa pertumbuhan hingga menjadi dewasa.

sudah pernah tanya orangtuamu, apa arti nama kamu? gua sendiri lupa udah pernah nanya apa nggak. tapi yang jelas, gue sih udah tahu arti nama gua apaan. walopun ada beberapa kemungkinan:

1. Amira Budi Mutiara
Amira artinya pemimpin wanita atau ratu. Budi artinya buah pikiran yang baik. Dan mutiara adalah perhiasan yang telah lama terkubur di dasar laut yang gelap namun mampu memancarkan kilauan yang elok awkawkaw. Nah (mungkin) orangtua gua berharap gua bisa seperti itu. Jadi pemimpin wanita yang berbudi seperti mutiara (?) Bisa selalu berpikir positif dan tetap mampu bersinar di keadaan yang sulit, tangguh seperti mutiara.

yaudah, itu mah penafsiran gue sendiri yang rada ribet. mau versi simpelnya? tengok aja perkiraan arti nama gue yang kedua:

2. Amira Budi Mutiara
Nama "Amira" dipilih oleh ortu gue karena waktu itu nama kearab-araban lagi ngetrend. Nama "Budi" diambil dari nama belakang bapak gue "Budiarjo" dan "Mutiara" diambil dari nama belakang nyokap gue "Mutiara". Jadinya nama asli gue cuma Amira doang. Artinya ya...... simpel aja, menunjukkan kalo si Amira yang satu ini tuh anaknya Bpk. Budiarjo dan Ny. Mutiara. Jelas. Singkat. Padat.

nah sekarang kita bahas tentang "the power of nama gue". ada hubungannya dengan penafsiran gue yang nomor satu. sebelumnya, gue cuma mau bilang, kalo gue lebih suka penafsiran nomor dua. kalo nomor satu itu terlalu berat, dan terlalu bagus untuk gua.

dan anehnya, kalo orang denger nama gua, kayaknya mereka langsung mikir yang positif2. perlu bukti? cekidot.

gue kenal sama temen2 gua (yaiyalah kenal, kalo ga kenal namanya bukan temen-_-). dan mereka itu orangnya baik2. maksudnya ya..... baik. nggak kayak gue yang suka keluar malam.......................buat nyari nasi goreng :') ah pokoknya hidup mereka itu baik2 banget. tapi suatu ketika, mereka kenal sama gua dan..............

1. mereka kenal yang namanya nginep di rumah temen

2. mereka kenal yang namanya kabur

3. tidak enak buat disebutkan (boong ding, cuma biar banyakin poin2 aja. aslinya gue gatau mau nyebutin apa lagi)

nah anehnya lagi, entah udah berapa kali temen gue yang biasanya ga boleh nginep atau main, nah begitu ditelepon orangtuanya, dan nanya dia bareng sama siapa, terus temen gua itu nyebut nama gua, entah kenapa orangtuanya itu langsung ngebolehin tanpa nanya macem2. terus entah udah berapa kali gue diomong gini sama temen gue, "mir, biasanya gue ga diijinin loh........ tapi kok sekarang boleh..........."

gue nggak membesar2kan. emang bener kok. dan mereka juga ngomong sendiri ke gua, kalo nama gua punya kekuatan buat menghipnotis orangtua mereka. kalo bilang "bareng amira" insya Allah diijinin. ampe sekarang pun gue masih nggak ngerti kenapa. apa karena nama gue mencerminkan sosok cewek yang alim, pendiam, dan pemalu (?) mungkin yang ada di bayangan orangtua mereka waktu denger kata "amira" adalah sosok cewek seperti ini.....................



ironisnya, penampakan "amirabdmtr" yang benar adalah yang di bawah ini....................


(yang ada di tangan itu duit 2000-an digulung) suer.


yah, jauh sekali dari bayangan orang yang hanya tahu siapa nama gua dan nggak kenal gua bukan? ya, gua adalah mantan berandalan yang sedang mencoba menjadi berandalan lagi tapi gak kesampean karena di umur 17 ini gue udah takut sama yang namanya dosa, azab, dan karma. makanya gua cuma berakting berandalan aja, aslinya mah insya Allah nggak. dan gua punya partner untuk hal ini, namanya Nadia.

(yang ini juga duit 2000an kok) suwerrr!

persamaan kita berdua yang lainnya adalah kita lahir dari ibu dan bapak yang sifatnya sangat tidak mengekang kita. tapi justru karena dibebasin itu lah, kita juga jadi gak minat buat ngeberontak. dan kita juga gak bakal ngelakuin hal yang nggak2 di balik orangtua kita. (tapi hal yang iya-iya.__________.) oke, gue dan ini bocah bersama teman2 kami punya banyak kalimat ambigu yang hanya dimengerti oleh kite2 doang. yah pokoknya gitulah. gue dan nadia tipe orang yang easy come easy go, eh salah, maksudnya gampang dibolehin keluar rumah. gampang kalo mau izin nginep, main, dll. jadi kalo lu ngajak gua ikut suatu acara terus gua jawab gak bisa ikut karena ga dibolehin orangtua sebenernya ada kemungkinan 80% gua boong dan 20% emang gak diijinin. sebenernya gue bilang gak diijinin karena gua emang males ikut. terus pas cerita ke ortu gua kalo gua males ikut, ortu gua pun ngedukung gua buat gak ikut. tapi berarti gue gak boong2 amat kan wkwkwk

well, amira yang satu ini memang begini. sering nginep di rumah temen (tapi pasti cewek kok dan selalu atas izin orangtua). terus sering keluar kota sendiri naik umum. terus kalo ada kesempatan buat mabal gua suka mabal. sekolah juga nggak gua jalanin dengan bener2 amat-_- criminally criminal. gua hanya sedang menunggu hidayah....... (?) semoga kelas 12 lebih baik.

ah ya, tapi yang sedihnya lagi..............
ada beberapa orangtua temen gua yang udah ngeblacklist gua.
awalnya mereka mempercayai anaknya main sama gua, hingga akhirnya...... terjadi sebuah kesalahpahaman. dan selalu gara2 hal yang sama. yaitu, mereka nginep di rumah gua tanpa izin dari orangtua mereka. dan gue sendiri pun awalnya ngira mereka udah izin, padahal mereka........sedang.......kabur gara2 ngambek sama orangtuanya. dan secara nggak langsung gue membantu mereka kabur :|

sebenernya gue.....ngerti perasaan mereka sih. gue ngerti perasaan itu. gimana rasanya pengen keluar dari rumah saking mumetnya karena suatu masalah. apapun bentuk masalahnya. gue cuma bermaksud, nampung mereka sebentar aja. dan ngebiarin mereka berpikir. atau mungkin membagi sedikit pikirannya ke gua supaya gua bisa ngasih mereka masukan lewat sudut pandang gua ke mereka.

intinya, gue bukan orang yang terlahir baik 100%. nggak sekalem dan semanis yang orang pikirin waktu mereka denger nama gua. tapi gue mencoba, jadi yang terbaik buat diri gue sendiri dalam hal yang bisa gue lakukan.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment