Anak muda jaman sekarang....

pernah di seminggu kemarin, saya makan di salah satu cabang mcd di bandung dan saya duduk di tempat yang sama selama berjam-jam. saya anteng main laptop. sampai nggak kepikiran buat pulang. tapi, ada suatu ketika akhirnya saya memutuskan untuk pulang......

yah, saya duduk diam di tempat yang sama selama berjam-jam, itu berarti meja di sebelah saya sudah sering berganti-ganti pengunjung selama itu. sempat diduduki ibu-ibu yang ramah, dua cewek yang kelihatannya sepasang sahabat, keluarga kecil, kosong lama, hingga akhirnya ditempati oleh tiga anak muda glamour yang terdiri dari dua cowok dan satu cewek.

mereka sebenarnya tidak mengusik saya sama sekali. tapi omongan-omongan mereka sering membuat saya risih. sering mereka mengucapkan bahasa ragunan dengan bebasnya seolah itu tidak berdosa. bahkan, si cewek, dipanggil temannya sendiri "blay". plis. gak marah apa dibilang kayak gitu? hal2 yang nggak pantas menjadi sudah dianggap biasa sekarang. dengan alasan "dia kan sohib gue". ah ya ya. padahal dalam Islam, meski teman, harus saling menghormati. teman bukan berarti memaklumi apapun yang dia lakukan. kalo salah ya tetep aja harus dilurusin. emangnya kalo lama-lama dia mau bunuh lo, lo masih tetep maklumin dan ngomong "dia kan sohib gue"?

oh ya. waktu itu lagi bulan puasa. tapi saat itu saya sedang tidak berpuasa karena sedang halangan. saya haram kalau puasa.

tapi, anak muda di sebelah saya itu, ngomongin puasa seolah puasa setara dengan acara "demo mogok makan" doang.

cowok1: "lo gak puasa, blay?"
cewek: "nggak. tadi sih sempet gak makan ampe siang. tapi emang dari paginya gue gak niat. yaudah buka aja."
cowok2: "jahanam lo! hahahaha!"
cewek: "ah lo berdua juga sama aja."
cowok2: "gak tau kapan gua mau puasa."
cowok1: "udah, besok puasa, ntar lusa nggak, terus besoknya puasa lagi."

gue ngakak. emang mereka pikir mereka siapa, ngira ibadah yang udah ditentuin jelas-jelas hukumnya bisa mereka atur2 sendiri? kalo mereka belum baligh sih okelah gue maklumin. tapi? mereka kira2 udah kuliah lah.

mereka juga bukan anak bandung. kalo gue gak salah denger, orang jakarta. tapi pacar salah satu cowok itu di bandung dan pengen mereka ajak ketemuan......

banyak sih sebenernya kata2 mereka yg parah. tapi berhubung kejadiannya udah seminggu yang lalu, gue gak bisa nginget dengan jelas apa aja yg udah mereka omongin.

yah, anak muda jaman sekarang..........
cara bertemannya tuh, ya kayak gitu napa. ngutamain seneng kumpul2nya doang. walopun hal yg diomongin gak mutu dan malah sesat. sesat yang nyata. kalo gitu terus ampe meninggal, pasti di akhiratnya bakal nyesel. YOLO ya YOLO. YOLO bukan berarti karena cuma sekali, bebas ngelakuin apa aja sebelum mati. YOLO yang bener, berhati2 dalam bersikap. we only live once, dengan catatan, live once on this earth. abis itu, masih ada kehidupan lainnya. yang kekal di akhirat.
jadilah teman yang baik. ngingetin sholat, ngaji, ngajakin beribadah, bagi ilmu yang bermanfaat, kalopun seneng2 ya tujuannya yg baik, dengan cara yang baik pula, kasih nasihat kalo temen kita itu salah. tawa yang pernah kita lakukan di dunia mungkin jadi petaka di akhirat. waktu di dunia kita nganggep perbuatan kita gak salah, karena ilmu kita masih kurang, setelah di akhirat baru nyesel.

gue yang nulis ini juga nggak lebih baik. tapi seenggaknya, gue mencoba buat sadar. gak pengen buta sama dunia.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

3 comments:

  1. ka ami...!! bijak banget deh bahasanya!! :D keren

    ReplyDelete
  2. hooooi dinaaa~ gatau ini lagi kerasukan apa wakakak

    ReplyDelete
  3. haha, tapi bener deh ka keren banget bahasanya. mana templatenya juga bagus

    ReplyDelete