Gue, setahun yang lalu.

Gue gak ngerti kenapa belakangan ini gue demen flashback.

Tapi gimana nggak ya, gue ngerasa waktu tuh kayak cepet banget berjalan. Kayak baru kemaren gue nyiapin diri buat UN. Kayak baru kemaren gue berangkat ke GO terus tiap mau try out dateng telat mulu tapi selalu keluar paling cepet. Kayak baru kemaren gue selalu mastiin buat jadi peringkat teratas tiap try out. Kayak baru kemaren gue nyesek gak keterima SNMPTN. Kayak baru kemaren gue galau mau daftar ke mana dan ga pede buat daftar kemanapun. Kayak baru kemaren gue ngurung di kamar sehabis ditolak SNMPTN. Kayak baru kemaren gue dengan rasa nggak percaya ngeliat nama gue tertera di koran sebagai salah satu yang diterima di PTN lewat jalur SBMPTN.

Dan... wow! Tau-tau gue udah ngeliat adik kelas gue foto tahunan dan bikin formasi angkatan mereka bareng-bareng di lapangan dan difoto dari atas.
Gila, cepet banget waktu berjalan. Bentar lagi gue bakal naik tingkat ke tahun kedua kuliah, and it means i will have some kouhais kyaaa (?) uhuk uhuk ehem.

Gue sendiri masih kayak mimpi sih kalo inget kayak gimana gue pas tahun lalu terus ngeliat kok bisa sekarang gue kuliah di UI?
I mean, gue bukannya gak mau kuliah di UI. Tapi, dulu gue sangat ingin kuliah di Bandung karena "buta"nya gue terhadap dunia saat itu.

Ada juga orang yang ngetawain gue pengen masuk UI setelah gak diterima SNMPTN. Dia bilang gue munafik karena dulu gue ngomong UI itu biasa aja tapi malah pengen masuk UI.
I would say, "ngurusin gue amat sih mba? kesel ya mantan lo seneng ngomongin w? hehe."

Ada juga orang yang emang nggak mau kalo gue kuliah di UI. Pengennya gue di Bandung. Biar bareng.
Yang satu ini agak tai sih sebenernya. Maaf gue ga bisa ga kasar kalo udah inget hal ini. Lagipula yang gue "tai"-in adalah diri gue yang dulu. Sebego apa gue ampe nurunin standar nganggep diri gue gak pantes di UI?
Dulu gue pernah tuh try out SBMPTN dan nilai gue cukup tinggi. Cukup untuk masuk Psikologi UI dan sangat lebih cukup untuk masuk FSRD dan Manajemen Unpad.
Lah gue pas mengungkapkan pengen masuk psiko UI, lo tau orang itu ngomong apa? malah nurunin kepercayaan diri gue dan ngomong dengan nilai segitu emang sih gue cukup buat masuk psiko ui tapi ui kan saingannya banyak banget yg pinter dan nilai segitu lebihnya cuma dikit dari passing grade psiko ui sedangkan dengan nilai segitu peluang buat keterima di fsrd atau unpad lebih banyak.

Karena gue bilang dulu gue tai, jadi gue percaya aja. Makanya gue se-tai itu untuk gak milih UI pas SNMPTN.

Untungnya gue DITOLAK SNM. Sumpah itu alhamdulillah banget dipikir2. Kalo gak gue mungkin masih akan terjebak sama orang itu di Bandung dan kemudian gue jadi semakin tai.

Untungnya juga gue udah bertekad pas SBMPTN gue ga bakal dengerin kata orang sama sekali tentang jurusan yang gue pilih.

Sebenernya setelah diterima pun masalah nggak juga habis. Gue sempet kesulitan adaptasi dan di situ gue masih tai karena gue ngeluhnya ke orang itu. Dan lo tau orang itu ngebalesnya apa? Malah ngebahas kalo emang gue tuh gak cocok di UI haha.

Saat itulah gue belajar, buat nggak pernah curhat dengan orang pesimis.

Orang pesimis yang mengaku punya mimpi. Tapi? Cuma mimpi. Orang pesimis yang naif mimpinya akan tercapai sementara dia hanya doing nothing.

Orang pesimis yang beranggapan kalo gue dan dia masih bisa bersama. Tapi itu gak akan terjadi lagi. Karena? Lah saya gak mau lah terus-terusan menapakkan kaki di bumi dan menyesuaikan pace dengan orang itu. Saya bisa lari, kenapa saya harus merangkak menyesuaikan diri? Saya bahkan bisa terbang secara nyata, bukan terbang sebatas buaian.

Tapi alasan utama yang paling utamanya yang mengindikasikan kalau saya memang tidak bisa get along dengan orang itu sampai kapanpun adalah:

i never respect that person. and i never will.

------------------------------------------------------------------

sebenernya di atas hanya ocehan ga jelas, well, pesan moral yang bisa diambil adalah: jangan dengerin kata orang kalo lo ga mampu. yang paling tau kemampuan diri lo adalah diri lo sendiri. mau itu kata temen, sahabat, atau pacar lo yang paling sok ngertiin lo, ga usah terlalu percaya. sebenernya kalo temen atau sahabat sih masih boleh dipercaya ya, tapi jangan percaya sama pacar deh pokoknya jangan. nurut ke pacar juga yaela ntar juga putus terus lo nyesel kan haha paan juga nurut ama pacar berasa udah suami gitu kan konyol abis yea.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments: