Buku-buku yang berhasil mengubah...

terpikir untuk bikin postingan ini karena saya habis baca sebuah buku keren yang bener2 bikin cara pandang gue terhadap indonesia berubah kekeke... lalu setelah saya ingat2 lagi, ternyata masih banyak buku lain yang telah mengubah cara pandang saya... terhadap dunia, terhadap bangsa, terhadap hidup, terhadap manusia, terhadap alam sekitar, kejahatan, keuangan, politik, prestasi, dsb.

berikut beberapa buku yang pernah saya baca dan saya akui mengubah diri saya :)

1. Doraemon
Fujiko F. Fujio memang luar biasa :----)
melalui komiknya yang sederhana, beliau bisa membuat anak kecil seperti saya dapat memahami dan membayangkan bagaimana kehidupan di masa depan.
beliau membuat saya menjadi imajinatif dan berpikir luas ke depan :)
anything could happen, itu yang saya pelajari dari komik ini.
ah nggak, bukan cuma itu sih. saya juga belajar tentang persahabatan dari komik ini. tentang bagaimana nobita sering nangis oleh giant, cemburu gara2 shizuka, dibuat iri sama suneo, dan berantem sama doraemon, tapi pada akhirnya mereka berbaikan, bersenang2 bersama, dan selalu bersatu ketika ada musuh kuat dari luar :)
doraemon bukan sekedar menghibur. tapi banyak banget ilmu pengetahuan di dalam kontennya yang memang berkaitan dengan dunia nyata. di sini banyak terdapat istilah2 aneh. entah istilah sains, hukum, budaya, dan yang lainnya... tapi yang jelas itu nambah wawasan saya.
sumpah, udah nggak keitung berapa kali saya ngerjain soal dalam ujian dan dalem hati saya mikir, "ah, ini kan jawabannya gue pernah baca di doraemon." atau ketika saya berbicara tentang suatu hal, orang yang mendengar saya itu tanya tahu dari mana saya tentang hal itu, lalu saya jawab dengan bangga "dari komik doraemon."
tentu saja yang saya omongkan itu yang sudah saya teliti lagi kebenarannya :----)
selain membuat cara berpikir, wawasan, dan imajinasi saya bertambah, doraemon juga membuat saya suka menggambar dan menulis :) saya pertama kali mencoba menggambar dan menulis semenjak baca doraemon. karena saat itu saya mikir, mungin suatu saat nanti akan ada juga yang terhibur melihat gambar saya atau membaca tulisan saya :) sama kayak saya yang terhibur membaca dan melihat ilustrasi bikinan Fujiko F. Fujio :)
saya gak akan kayak begini kalau bukan karena doraemon.

2. Detektif Conan
conan udah ngubah diri saya seabreg2
saking banyaknya ampe bingung saya mau sebutin dari sisi mana aja
mungkin hampir kena ke semua sisi (?)
pertama, saya gak bakal nyangkal kalo orang bilang saya pengen masuk kriminologi UI gara2 conan.
ya, memang karena conan.
pada awalnya.
jadi saya tahu tentang departemen beranama kriminilogi itu dari sebuah fanbase conan yang saya follow di twitter. waktu itu saya belum terlalu tertarik sih. cuma sedikit penasaran dan akhirnya saya cari tau sendiri dengan surfing di internet sampe bener2 pedekate ama beberapa mahasiswa/i-nya.
kesan yang saya dapat setelah tau banyak tentang kriminologi adalah, menarik. menarik sekali di mata saya.
tapi tetap saja, saya belum tentu bakal jadi ke sana atau nggak. masih banyak yang perlu dipertimbangkan.
oh ya, ilmu2 yang ada di conan gak kalah banyak dengan yang ada di doraemon :)
apalagi conan memang lebih mengarah ke kehidupan di dunia nyata yang berkaitan tentang kejahatan dan psikologi manusia, jadinya saya bisa lebih tahu banyak tentang dua hal itu. dan nggak jarang juga loh ada kejahatan yang menggunakan teknologi dan ilmu seperti fisika, kimia, paskal, dsb.
dan kalo boleh sombong, saya bisa niru ciri khas dari gambaran aoyama gosho B)
atau lebih tepatnya, karena keseringan ngejiplak gambar conan, otomatis kalo saya gambar orang walopun bukan tokoh conan tapi tetep terlihat mirip conan-_- i should find my own characteristic, i think.
saya akan baca terus conan sampai tua nanti :) itsumo, itsumo... hahaha

3. Gue bisa jadi nomor 1!

gue selama smp langganan ranking 2.
bangga? nggak.
tapi bisa dibilang, puas. puas banget. puas karena usaha gue bisa dibilang sangat minim. belajar buat ulangan cuma sekedar biar gak kena remidial, bukan karena bertujuan dapet nilai bagus. masuk sekolah terus cuma biar bisa naik kelas. nggak mikir soal dapet beasiswa, jadi juara kelas, dsb.
gue jarang banget belajar.
yang dilihat orang lain adalah gue sering belajar.
tapi andai mereka tau porsi gue belajar dibandingin main atau baca komik pasti mereka enggan nyebut gua rajin.
gua bisa seminggu ga megang buku pelajaran tapi ga mungkin gua seminggu ga megang komik atau laptop.
makanya, ketika gue dapet ranking 2? jelas gue puas.
tanpa pernah berpikir kalo gue mustinya mau berjuang untuk lebih dari itu.
makanya, ketika baca "gue bisa jadi nomor 1!" gue merasa ditampar bolak-balik.
buku ini sendiri gue beli buat hadiah kuis di osis gitu. tapi karena kuisnya ga jadi diadain, akhirnya bukunya buat gue.
buku ini rasanya nyindir gue abis2an. karena isinya adalah perjuangan keras yang sebenarnya untuk mencapai prestasi dan bisa menjadi nomor satu. di sinilah gue belajar, jangan cepat puas. jangan cepat terlena dengan keberhasilan di masa lalu karena kalo kita lengah dikit aja, masa depan kita bisa ancur.
begitu pula sebaliknya, kalo kita pernah gagal di masa lalu, kekuatan kita buat bangkit bakal membuat kita lebih cepat untuk mencapai kesuksesan jika kita sungguh2 dibandingkan orang yang belum pernah gagal sebelumnya.

dan satu hal yang paling berkesan dari sub-bab di buku ini adalah tentang masalah keluarga. bagaimana caranya supaya masalah keluarga nggak mempengaruhi konsentrasi kita di sekolah. jarang aja kayaknya saya nemu buku tentang motivasi belajar malah ngebahas ginian haha. padahal justru masalah keluarga emang salah satu yang paling mempengaruhi belajar seorang siswa.

berkat buku ini, saya jadi lebih mau bersungguh2. dan akhirnya untuk pertama kalinya di SMP, saya ranking 1 :---) dan ranking 3 secara paralel seangkatan dari 10 kelas yang ada. haha.
siska, sahabat saya yang baca buku ini juga ranking 1 di kelasnya, dan masuk 10 besar paralel.
iqbal, sahabat saya juga, dapet ranking 2 (sekelas sama siska siiih :p), dan ke-11 di paralel. tapi ajaibnya anak ini ikut dipanggil juga ke panggung pas perpisahan :D

begitu masuk sma, kemalasan saya mulai menjadi lagi.
sebenernya ranking bukan hal yang penting. tapi sejak masuk ranking saya berkisar 4, 2, 3... penasaranlah saya dengan ranking 1, walau saya gak ada kepikiran buat ngejar juga.
dan di semester 4 kemarin, entah ada angin apa saya baca lagi buku itu.
dan di semester 4 kemarin, saya entah kebetulan atau apa berhasil............ jadi nomor satu.
entah kenapa di semester 2, ranking saya pasti jadi sesuai sama nomor absen wkwkwk.

tapi mikirin ranking itu dipikir2 beban juga xD jadinya saya sekarang mikir "nomor satu" yang dimaksud di sini itu adalah nomor satu dalam suatu bidang. kalo ranking kan menyagkut rata2 nilai semua mata pelajaran. sedangkan saya gak mungkin juga kalo bagus di semuanya.
saya akan lebih fokus pada satu bidang saja :) (walopun saya belum nemu bidang apa ya kira2? wkwk) dan jadi nomor satu dalam bidang itu!

oh iya, mengenai penulisnya sendiri... sangat ramah! saya pernah ngobrol dengan Mbak Nunik Utami via fb beberapa kali. dan percaya nggak percaya novel saya yang diterbitkan kemarin itu, berhasil terbit salah satunya karena Mbak Nunik yang udah nyaranin saya ngirim ke Bentang di saat saya ga tau mau ngirimin ke mana... abisnya tipis banget-_- thankyou ya Mbak :D tetap berkarya~ saya tungguin terus~

4. 23 episentrum
teeep mantep manteeep!
ibi buku komplit banget!!!
jadi ini sampul kuning sebenernya nyatuin dua buku yang bisa dipegang masing2. intinya mah ada 2 buku yang dijual bersamaan dengan disatukan sampul kuning ini.
yang satu adalah sebuah novel fiksi tentang "panggilan jiwa" kalo saya nyebutnya haha :D dan yang kedua adalah tentang kisah2 nyata teman2 sang penulis, Mbak Adenita, yang sudah menemukan "panggilan jiwa"nya.
dari buku ini saya belajar, ternyata karir itu luas. sama sekali nggak sempit dan terbatas seperti yang saya bayangkan sebelumnya. banyaknya pengangguran di indonesia membuat saya dulu berpikir kalau menjadi sukses itu tidak mudah. setelah saya baca buku ini, saya berpikir sebaliknya :)
yang pasti, memang tidak mudah. tapi kita harus rela mengambil resiko kalau  mau mencapai tujuan. kita harus melawan segala medan yang ada.
dan yang menjadi tokoh favorit saya di buku ini adalah Awan Angkasa...
seorang pemuda yang "bermain aman" dengan menjadi pegawai bank, padahal sebenarnya punya passion tinggi terhadap bidang perfilman. (gue takut spoiler, jadi untuk tau gimana akhirnya nasib Awan ini, baca sendiri aja ya bukunya :p)
terus saya juga suka sama supir kantor televisi yang ada di buku ini... saya lupa siapa namanya. tapi pokoknya dia juga keren banget. di saat2 genting selalu bisa dibutuhkan. dan dia juga mau terus bersemangat.......... (lagi2 gue takut spoiler :p, udah ah, baca bukunya aja ya!!)

oh iya, buku ini... bukan lagi dipegang sama saya ._.
belajar dari pengalaman, saya kalo punya novel bagus, suka saya pinjemin ke sembarang orang dan akhirnya nggak balik2 ke saya. udah puluhan buku yang saya punya jadi korban (suer, saya gak ngelebih2in). misal awalnya dipinjem si A, taunya si B minjem ke si A tanpa sepengetahuan saya, terus tiba2 udah ada di C, terus... terus....terus... ga jelas dan ga ada yang mau ngaku ada di siapa.
makanya saya titipin di orang lain.
yang dulu sih, saya percaya........
tapi sekarang saya malah bingung ngambil dari orang itunya lagi gimana
ya pokoknya saya bakal butuh buku itu lagi setelah saya lulus SMA.

5. Jakarta!
beli buku ini dengan niat untuk memperbaiki pola pikir saya yang waktu itu bener2 hopeless ngeliat indonesia.
mungkin gara2 sedikit sugesti dari beberapa guru saya yang omongannya.........tentang keburukan indonesia..... melulu....
dan tentu saja ulah media massa yang memang lebih hobi menjual bad news daripada good news.
yah, emang selalu sih muka orang2 yang berbuat salah macam koruptor atau teroris dipajang lebih sering di media dengan ukuran jumbo, sedangkan pemuda yang telah mencetak prestasi semacam juara fisika di dunia, juara robotik, dsb boro2 jadi pembicaraan di berita selama berhari2 :p
sebenernya agak sedikit kecewa sama buku ini, karena ternyata tentang Jakarta-nya cuma ada di bagian akhir. dan entah perasaan saya doang apa emang bener porsinya lebih sedikit dibandingkan ketika Edwin ada di negara lain?
tapi saya tetep suka buku ini karena....... buku ini bener2 ngajak saya tur keliling dunia mennnn!
saya yang tadinya gatau apa2 tentang kehebatan abu dhabi, tentang kebobrokan prancis, tentang perekonomian dunia, dll akhirnya jadi tahu. tapi cuma tahu sebatas yang dijabarkan buku ini aja. saya yakin masih banyak yang belum saya tahu secara keseluruhan :)
buku ini bikin saya mengerti kalo tiap2 negara juga punya weakness dan strength masing2. nggak ada yang namanya utopia, alias dunia yang benar2 sempurna.
dan indonesia, kalo dibandingin sama negara2 lain, masih punya masa depan cerah kok :) indonesia punya generasi baru yang luar biasa. berkali2 saya ikutan lomba dan forum di luar sekolah bikin saya ngerti akan hal itu :) generasi baru indonesia kreatif2, cerdas, dan percaya diri. tapi semoga saja hal itu juga diimbangi dengan kejujuran dan hati nurani mereka. percuma cerdas kalau tidak jujur. get the meaning, eh?
sang pengarang sendiri adalah seorang berdarah Prancis-Inggris. beliau terang2an mengatakan pada media bahwa beliau mencintai Indonesia.
hayoooooo bule aja cinta ama Indonesia, masa ente-ente yang asli Indonesia malah lebih cinta sama negara sono? :p

6. Kreatif Sampai Mati
buku ini sangat terlalu berkesan sampai saya bingung harus ngomong apa lagi tentang buku ini :''''''''')
saya kasih bintang 9 dari 10. satu bintang lagi karena buku ini terlalu gampang cepet abis dibaca huhu pengen lebih tebel lagi~~~
oh iya tentang buku ini udah pernah saya singgung2 di sini
http://wademir.blogspot.com/2013/02/just-pengakuan.html
dan jangan lupa baca komentar di bawahnya kyaaaaaa xDDD
wkwkwkwk siapa yang nyangka penulisnya sendiri bakal nyapa aku begitu ><
langsung saja ke hal2 yang mengubah diri saya gara2 buku ini
1. buku ini bikin saya pengen masuk FSRD, padahal sebelumnya saya lagi tergila2 sama kriminologi
2. buku ini bikin saya suka menggambar lagi, padahal sebelumnya lebih suka nulis
3. buku ini bikin saya pede jadi introvert, padahal sebelumnya saya mikir jadi introvert itu salah
4. buku ini bikin saya tahu kalau orang Indonesia banyak yang berprestasi di bidang seni dan industri kreatif sampai memenangkan kontes yang saingannya sedunia.
5. buku ini bikin saya mengenal otak kadal dan bagaimana cara menghadapinya
6. dan lupa lagi (bukunya ga ada di saya masalahnya, saya pinjemin...........)
pokoknya buku ini dan penulisnya sangat2 kereeeeeeeeen!!!!!! keren! keren! keren! keren! kece abis! ga bakal nyesel deh baca buku ini dan kenal sama penulisnya!
ini bukan buku inspirator/motivator biasa. buku ini punya banyak warna (secara harfiah maupun secara tidak harfiah). temukan banyak kejutan di dalamnya ;) cuma Mas Wahyu Aditya alias Waditya yang bisa begini hehe ^^

7. Nasional.is.me
di awal postingan, gue bilang gue nulis postingan ini setelah baca buku yang bagus banget..... inget? ;)
yap, buku inilah yang gue maksud. karangan Bang Pandji muehehe
pertama kali gue liat sampul buku ini, yang gue eja duluan adalah "nasi........."
mungkin gue hanya lapar. karena waktu itu gue lagi puasa.
oke itu ga penting.
yang penting isinyaaaaaa!!!!!!! BA.GUS.BA.NGET!
DAMN I LOVE INDONESIA!
TERNYATA SELAMA INI GUE GATAU APA2 TENTANG INDONESIA!
yang gue tau hanya jakarta, bekasi, cikarang, bandung, jogja.... padahal masih banyak lagi daerah di Indonesia yang keren! indonesia itu luas! indonesia itu besar!
dan karena buku ini, gue pun mengerti kalo indonesia nggak bisa dibandingkan dengan negara lain semudah yang kita pikir selama ini. jangan bandingin indonesia dengan singapura. kenapa? kayak bandingin sapi sama kucing. jelas berbeda. ngatur indonesia yang guede membentang dari sabang sampe merauke nggak bakal semudah singapura yang hanya digambarkan dengan sebuah titik di peta dunia.
tapi kalo mau tetep ngebandingin sih gapapa :) yang jelas menurut gue indonesia tetep tempat ternyaman buat ditinggali :)
ah, its 23:13 pm dan saya mulai ngantuk-,-
pokoknya ini buku keren. baca dan lo ga bakal nyesel.
apalagi kalo selama ini lo pesimis dengan indonesia, lo musti, musti banget baca ni buku.
big thanks to pandji, selain kagum sama anda, saya juga iri sama anda. karena anda anak IPS yang juga lulusan FSRD ITB .________.

yak itulah 7 buku yang mengubah saya. kok berasa on the spot gini ya ada 7-_- padahal ga sengaja loh-_- suer-_- kirain awalnya cuma ada 6-_- wkwk-_- yaudahlah-_- sebenernya pasti masih ada lagi buku lain yang udah ngubah saya juga-_- tapi saya lupa-_- mungkin hasil minjem kali ya-_- yaudahlah-_- gutnait
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment