bukan lagi tentang "diri sendiri"

dulu gue sempet kepikiran, kenapa orangtua begitu berkorban buat anaknya. kenapa mereka mau uang yang mereka hasilkan dihabiskan untuk keperluan anaknya? apakah mereka tidak sedikitpun merasa keberatan? merasa kerugian? merasa bahwa mereka memiliki piutang dari anaknya?

jawaban saya sejak lama itu terjawab ketika di acara mata najwa tadi, ibunya ade sara diundang dan beliau berkata kira2 begini: "dulu waktu sara masih ada, tiap saya gajian suka ngegodain, bilangnya dia mau nraktir padahal akhir2nya dia ngerayu saya buat bayar... ada aja caranya anak itu. setelah sara nggak ada, semangat saya kerja jadi sempat hilang. karena saya juga nggak tahu lagi kan biasanya saya kerja buat anak saya, terus setelah nggak ada, jadi buat apa..."

hhh... walopun gue belum menjadi orangtua, rasanya gue bisa memahami perasaan seperti itu sekarang. terlebih, gue juga menjadi agak seperti itu. walaupun bukan soal materi.

sewaktu sd-smp, gue sekolah karena merasa itu sebagai kewajiban gue, bukan hak gue.

sma, gue sekolah dan berusaha untuk mencapai prestasi dan nilai yang sebaik2nya (mungkin kalo lo se-sma sama gue, lo tau tentang ini).. but unfortunately, it was just for the sake of my own pride.

di kuliah, gue baru merasa... di sini nggak ada lagi yang namanya bangga-banggain diri buat diri sendiri. nggak ada lagi yang namanya nampang cuma demi dianggep "wah". gue melihat, baik gue dan temen2 di sekitar gue, berkuliah justru untuk orangtua mereka. kami ingin kuliah dan mendapatkan nilai yang baik untuk orangtua kami, bukan untuk kebanggaan diri kami.

well, gue... gue pengen cum laude, tapi entahlah. kalau itu terlalu tinggi untuk gue capai, minimal gue bisa lulus dengan nilai yg enggak malu2in. sampai saat ini pun, nilai gue masih sangat standar. tapi gue akan berusaha, buat selalu meningkatkan tanpa memaksakan diri.

kakak senior gue bilang, ip semester pertama biasanya adalah ip terbaik bagi warga psikologi. tapi gue akan coba, ip gue di semester pertama ini bukan ip gue yang paling bagus. gue akan coba sebisa mungkin ip gue di semester 2 dan seterusnya lebih bagus dari ip di semester pertama. may Allah bless me :)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment