Apa memang benar waktu adalah uang?

Pertama kali saya denger itu kalimat, dari Paman Gober. Ya. Bebek kikir yang punya gudang uang itu. Yang tiap hari nyelem di antara koin-koin emasnya.
Saat dulu gue pikir kata2 itu cuma dia yang ngucapin, ternyata masih banyak lagi orang yang suka mengucapkan waktu itu. Sampai gue berpikir... apakah waktu memang benar adalah uang?

Era pun berganti... Ketika jaman dulu bisa dikatakan eranya orang2 yang suka membuat teori, dan kalo menurut gue, sekarang adalah eranya orang2 yang suka menyanggah teori.

Mereka yang menyanggah teori tersebut berkata, "waktu bukanlah uang! karena uang tidak bisa membeli waktu!"

tanpa memihak pembuat teori, gue cuma mau menjelaskan aja. yang dimaksud di sini tuh bukan bener2 membeli waktu dengan uang. tapi mungkin, yang dimaksud adalah mengenai efisiensi waktu dengan menggunakan uang.

contohnya gini, berdasarkan pengalaman pribadi gue. gue ke sekolah itu kalo lagi ga nebeng ya harus naik angkot. pertama gue naik 17, terus turun sebelum pasar. di situ gue punya 2 pilihan, naik angkot 18 apa naik ojeg. masing2 pilihan punya keunggulan dan kerugian sendiri.


Keuntungan naik angkot:
1. murah boo cuma seribu

Kerugian naik angkot:
1. lama, ngetem dulu
2. pasti kejebak macet pas lewatin pasar tumpah

Keuntungan naik ojeg:
1. Ga ngetem. gue naik langsung capcus
2. ga bakal kejebak macet. kalopun iya peluang bisa lolos dari kemacetan pun cukup besar
Kerugian naik ojeg:
1. Harganya 5x lipat dari naik angkot

Dulu gue milih naik angkot dengan alasan ngemat duit. Tapi, sekarang gue beralih naik ojeg walopun harganya lebih mahal tapi gue bisa cepet nyampe sekolah. Nah gitu. Dengan uang gue bisa mengefisiensikan waktu. Harusnya ngabisin waktu 15 menit kalo naik angkot, naik ojeg ga ampe 5 menit udah nyampe. Sama halnya kalo kita ngebandingin pabrik yang pake teknologi tinggi sama yang masih handmade. kalo pake mesin, pasti kan bisa lebih efisiensi waktu daripada pake tangan. walopun tentu aja untuk membuat mesinnya butuh uang yang banyak.

jadi kalo digambarkan gini

ngeluarin duit buat beli mesin -----> dengan mesin bisa menghasilkan banyak barang dalam waktu singkat -----> harga jual jadi murah karena produksinya sekaligus banyak akibatnya jumlah barang yang terjual pun sangat banyak ------> balik modal dan dapet laba

beli mesin itu diibaratkan beli waktu, dan akhirnya karena waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi jadi efisien berkat mesin tersebut, hasil produksi pun jadi meningkat, akhirnya jadi uang lagi.

coba bayangin kalo tetep handmade. produksi cuma bisa sedikit, dan karena waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup lama, harganya jadi mahal, jarang orang yang beli......

ya gitu deh itu cuma pendapat gue aja. terserah mau setuju atau tidak. gue sendiri juga nggak bener2 setuju dengan statement waktu adalah uang. karena uang bisa kembali sedangkan waktu yang sudah kita pakai tidak mungkin kembali lagi. tapi, menurut gue, waktu dan uang memang punya hubungan timbal balik.

regards,
Amira Gates, seorang penyanggah sekaligus pembuat teori yang menganut prinsip setuju atau tidak setuju, bukan benar atau salah. salah seorang fansnya Wahyu Aditya.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment