Bisa Tercapai Gak?

Gue pengen Indonesia...
Bersih. Gak ada sampah di jalanan.
Sungainya jernih. Bisa buat transportasi dan pariwisata.
Bisa mengolah sumber daya alamnya dengan baik.
Gak ada premanisme, semua sadar kalau kedudukan rakyat itu sama.
Pohon rindang tumbuh di mana-mana. Gak ada hutan atau gunung yang gundul.
Penjualan kendaraan bermotor dibatasi oleh pemerintah. Mau macet separah apa lagi kalau 3000 unit mobil terjual setiap harinya di indonesia? Padahal kita semua tahu, jalanan di Indonesia sudah sangat sempit. Bayangkan kalau penjualan mobil tetap seperti itu hingga lima tahun ke depan. Masih ada tempat di jalanan?
Fasilitas pendidikan disamaratakan tiap sekolah. Jangan ada sekolah yang menonjol sendiri, lebih baik tiru Jerman. Di sana gak ada yang namanya sekolah favorit, karena semuanya sudah terakreditasi amat baik.
Semua rakyatnya bertingkah laku berdasarkan hukum, atau paling tidak, bertingkah laku seperti apa yang kita semua pelajari di mata pelajaran PPKN pada kelas 1 SD.
Ada lagi? Iya, sebenarnya masih banyak harapan buat Indonesia. Harapan agar menjadi negara yang damai, tidak mudah terpancing, tidak mudah terprovokasi, bisa bersaing di dunia internasional, jadi negara yang bermartabat, dan yang terpenting menjadi negara yang nyaman ditinggali meskipun kita sulit untuk menjadi negara maju. Yah, saya selalu ingat kata-kata Pak Ramly, yang mengatakan bahwa Indonesia untuk berkembang saja sudah sulit, apalagi maju.
Banyak harapan kita semua untuk Indonesia. Yang bisa kita lakukan adalah, melakukan apa yang masing-masing bisa kita lakukan, untuk berkembangnya negara kita.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment