bodoh = bahagia (?)

langsung aja ya, di film ice age 4, ada percakapan yang menarik perhatian gue. dan seinget gue percakapan itu yah kira2 begini:

A: "situasi  dunia sedang kritis, tapi kenapa sih kalian berdua bisa terus kelihatan bahagia?"
B & C (ceritanya mereka kembar) bertukar pandang.
B: *nanya ke si C* "apakah aku boleh memberitahukannya pada dia?"
C: "beritahu saja."
B: *ngasih tau ke si A* "karena kita berdua itu bodoh."

gue yang anaknya suka mikir (boong ding), manggut2 setelah mencerna omongan si B tadi.
dipikir2 iya juga sih. orang bodoh itu cenderung berpikir simpel, gak ribet-ribet. dia gak ngerti situasi mau lagi susah mau lagi senang ya dia buat dirinya sendiri hepi-hepi aja. yang orang2 bodoh lakuin adalah tertawa dan melakukan banyak hal2 yang kelihatannya asik. dan sekali lagi, gue nemu satu kelicikkan lagi dari orang bodoh setelah membaca quotes yang berbunyi:

"jangan pernah berargumen/beradu mulut dengan orang bodoh, karena orang bodoh akan menyeretmu ke bawah level mereka, dan kemudian mengalahkanmu dengan pengalamannya."

aslinya itu quotes pake bahasa inggris, maaf kalo terjemahan gue ada yang salah ._. tapi sayangnya yang mengemukakan quotes itu adalah anonym. padahal gue kagum ada orang yang bisa mikir kayak gitu.

ah ada lagi satu hal spesial tentang orang malas/bodoh yang dikemukakan bill gates:

"saya lebih memilih karyawan yang malas, karena mereka akan menemukan cara tersingkat dan tersimpel untuk menyelesaikan pekerjaannya."

gue bukannya memihak orang bodoh, tapi entah kenapa akhir2 ini gue malah menemukan hal2 menarik dari orang bodoh. mereka bahagia karena pola pikirnya yang begitu simpel.

tapi serius, gue paling enek sama orang yang bodoh dalam bersikap. mau dia pemenang olimpiade kek, ranking 1 seangkatan kek, dapet beasiswa kek, kalo dari segi sikapnya itu dia bodoh banget....... amit2 gua mah.
orang yang bodoh dalam bersikap itu gimana sih? gak usah jauh2 lah.... ngelanggar rambu2 lalu lintas aja udah bisa dibilang bodoh. ada lagi pengkorupsi, otak mereka emang gak usah diragukan, tapi dalam hal bersikap atau bertindak, mereka bodoh sekali.
terlalu ngurusin hal yang gak penting..........juga bodoh dalam bersikap.
banyak sih contoh2 bodoh dalam bersikap. dan itu menurut gue jauh lebih buruk daripada bodoh dalam pelajaran. but the worst of all.......orang yang punya kedua-duanya. udah bodoh pelajaran, bodoh bersikap pula. gue gak bisa nyalahin mereka sih, karena kadang2 itu bawaan dari dia kecil. dididiknya salah apa gimana..... sarana gak mendukung, lingkungan buruk, dsb.

gue yakin buat setiap orang yang baca ini, paling nggak kalian punya lah satu orang di pikiran kalian yang.......udah berandal, sekolahnya juga gak bener. terus kalian mau cuma nyalahin orang2 kayak gitu sebagai generasi penerus yang gagal? nah, suatu saat Albert Einstein pernah berkata:

"dunia tidak akan hancur oleh orang-orang yang berbuat buruk, melainkan hancur oleh orang-orang yang hanya bisa melihat mereka tanpa melakukan apa-apa."

itu adalah quotes favorit gue yang sangat sering bikin gue ngerasa berdosa.
apalagi, kalo temen gue sendiri yang berbuat kesalahan. jarang rasanya gue negur orang karena berbuat salah. padahal gue tau dia berbuat salah atau bahkan gue melihatnya dengan mata kepala sendiri, tapi gue cuma diem. kalo negur takut dibilang sok atau apalah. sok banget nyari aman ya gue.

itu juga alesan gue pengen masuk kriminologi. sekedar pengen memahami perasaan manusia yang seringkali melakukan tindakan tercela. karena gue awal-awalnya bingung ngeliat begitu banyaknya kriminalitas di seluruh penjuru dunia. yah, kalo gak begitu dipikirin sih, gak bakal bingung. kalo cuma sepintas aja merhatiin berita kriminal gak bakal jadi masalah. tapi coba deh kapan2 teliti suatu kasus. pasti banyak pertanyaan muncul di benak kalian. kenapa ada kekuatan aneh yang mampu mendorong manusia untuk melakukan hal yang sangat beresiko? dari mana datangnya kekuatan aneh tersebut?

dan liburan kenaikan kelas kemarin, rasanya gue udah mendapatkan jawabannya. gue download banyak slide kriminologi yang disebarluaskan di internet. banyak teori2 di sana yang cukup menarik. dan banyak juga istilah yang aneh2 wkwkwk -_-

kok kayaknya ngalor ngidul sih ini post. awalnya ngomongin orang bodoh, ke bawah ngomongin kriminalitas......etapi ada hubungannya loh. orang yang ngelakuin kriminalitas besar biasanya orang berotak encer yang bodoh dalam bersikap.

ya pokoknya begitu deh. jangan mau jadi orang bodoh. dan kalo mau jadi orang pintar, pertama2 keep your attitude dulu~ gutlak everybadeh!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment