guru.... ya guru.

setiap hari pak guru mengayuh sepedanya dengan penuh semangat. tak sedikitpun ia mengeluh kecapekan. senyum selalu mengembang di bibirnya setiap meter perjalanan mendekati tempatnya berbagi ilmu. saat melihat murid-muridnya berjalan kaki di trotoar, ia akan membunyikan bel dan mengucapkan salam. atau terkadang, muridnya yang mengucapkan salam duluan. pak guru memang telah menjadi inspirasi bagi para muridnya, karena kesederhanaan, keikhlasan, dan kesabarannya dalam membimbing mereka.

***

oke itu cuma cuplikan untuk membayangkan sosok seorang guru di masa lalu. dan sekarang? apakah masih ada guru yang seperti itu? sebenarnya saya belum pernah menemukannya. yah mungkin ini ada hubungannya dengan lokasi saya bersekolah. mungkin kalau di pedesaan sih masih ada saja yang begitu.

sebelumnya, saya mau bilang, post ini tidak bertujuan untuk menyindir pihak manapun. ini hanya opini saya saja terhadap keadaan sekarang.

kutipan yang saya ambil dari salah seorang teman saya:

"Kenapa sih guru sekarang banyak yang gak berbobot? Mending kalo di rapot nilai kita jelek tapi dia sering ngasih ilmu sama kita. Lah ini, nilai di rapot jelek gara-gara cara dia ngajar yang gak bermutu dan jarang masuk. Akhirnya dia ngasih nilai ke murid seenak jidat. Nilai yang gak sesuai kenyataan. Nilai kita jelek, ilmu juga ga ada. Nyesek ya? Kita udah capek-capek sekolah."

sebentar, gue mau mengeluarkan jurus sudut pandang dua belah pihak ala gue~

nah begini kawan-kawan. ngerti kan masalah sudut pandang? sudut pandang bisa membuat orang yang bersalah menjadi tidak bersalah. begitupun sebaliknya. tapi kalau menggunakan sudut pandang dua belah pihak, aspek-aspek bisa menjadi lebih jelas.

contohnya begini, ada keributan di kelas gara2 si A tiba2 mukul si B. secara sepintas, mungkin kelihatannya si A yang salah. padahal kalau dilihat dari sudut pandang si A, dia mukul si B gara2 si B ngejelek2in ortunya. nah sekarang keadaan berbalik kan? si B yang terlihat salah. nah, dan kalau kita liat sudut pandang si B, sebenernya dia ngejelek2in ortunya karena ortunya si A emang naujubileh kelakuannya dan suka mitnah orang termasuk ortunya B.

dan manusia cenderung ga mau menganalisis lebih tajam........ngeliatnya segimana adanya aja..... cuma dari yang terlihat sepintas, dia langsung narik kesimpulan. ya jelas aja meleset cuy.

terus guru kenapa ga berbobot?

menurut survey, murid menyatakan guru tak berbobot apabila..........
1. kerjaannya ngasih tugas mulu tapi jarang nerangin
2. jarang masuk
3. malah asik sendiri kalo nerangin, kurang interaktif sama muridnya
4. terlalu serius, bikin belajar gak enjoy
5. mata duitan. pengen dikasih sesuatu dulu yang bentuknya kongkrit baru deh nilainya dibagusin
6. pilih kasih
7. .......................................IYA GUE TAU MASIH BANYAK KOK TAPI JADI BINGUNG MAU NULIS APA ADA YANG MAU NAMBAHIN?????

kalau guru boleh berkata, mungkin mereka bakal ngejelasin begini:
1. "kalian tahu kan perbedaan smart dan clever? kalo clever itu, bisa melakukan sesuatu tapi harus diajarin dulu. nah kalo smart, bisa melakukan sesuatu tanpa perlu diajarin. nah, kita pengen murid-murid kayak begitu. bisa mandiri. memangnya kalian mau selamanya dituntun terus kayak anak sd atau smp?"

2. "ini juga bukan mau saya, tapi saya memang banyak urusan. alasan lainnya, saya capek masuk kelas tapi rasanya tidak ada gunanya juga. memang siapa yang masih menginginkan saya masuk ke kelasnya? masuk pun saya tidak dihargai. sebenarnya, batin saya cukup tertekan. menghadapi puluhan murid seorang diri tidak selalu mudah."

3. "saya sebenarnya sudah pernah mencoba untuk berkomunikasi dengan murid saat belajar. tapi respon mereka seringkali membuat saya kecewa dan sejujurnya saya sakit hati. saya merasa tidak berhasil karena sepertinya mereka tidak sepaham dengan saya. kalau saja murid lebih kritis lagi, saya pun akan dengan senang hati senang berkomunikasi dengan mereka."

4. "adalah keputusan saya membuat karakter seperti ini. di saat saya menjadi guru yang santai dan suka bercanda, murid-murid malah banyak yang menganggap enteng atau remeh diri saya. sebagai guru, apa salah saya ingin sedikit disegani?" nb: guru kayak gini biasanya muak sama anak2 yang gak disiplin.

5. "ya elah...... nilai asli mereka jelek-jelek.... saya udah baik-baik dan capek-capek ngisi nilai biar memenuhi kkm itu dari mana asalnya? yah, minimal hargai saya lah. 'upah lelah' gitu. lumayan kan kalau saya seneng, saya ngasih nilainya juga seneng-seneng aja."

6. "bukannya pilih kasih, tapi coba bayangkan anda sendiri yang ada di posisi saya sebagai guru. tentu anda akan merasa senang terhadap murid yang pandai dan bisa menyenangkan hati anda bukan? tanpa sengaja, mungkin saya sering memberi anak itu perlakuan khusus dibandingkan anak lainnya. itu sebenarnya bentuk rasa sayang saya terhadapnya karena anak itu sudah menghargai saya. andai saja semua anak di kelas bisa seperti itu semua, saya rasa tidak akan ada lagi istilah pilih kasih. karena dengan begitu saya akan menyayangi semuanya. satu kelas itu."

7. .............. ................... yah pasti masih banyak lah alesan lain ya.

***

nah sekarang saya, Amira Budi Mutiara, NISN 9952747050, dan sudah sekitar sebelas tahun menuntut ilmu, ingin memberikan bintang lima kepada guru-guru favorit saya selama bersekolah.

***** yang pertama kepada Bu Siti. Sebenarnya saya sudah sedikit lupa sama Bu Siti. Tapi saya masih ingat kalau beliau baik sekali dan sangat perhatian. Beliau guru saya di kelas 1 SD. dan you know what? kita pernah ketemu di pasar waktu gue udah kelas 7, dan beliau nyapa saya. beliau nyebut nama saya dan bilang, "Ibu masih inget loh sama tulisan amira waktu kelas satu. pasti sekarang belum berubah juga kan?"

***** yang keduaa buat Bu Yayah. Guru di kelas 2 SD. Sikapnya hangat. Selain mengajar, beliau juga suka ngajak ngobrol tentang hal-hal yang menyenangkan. Beliau terbuka dan tau masing-masing cerita dari tiap muridnya.

***** yang ketiga buat Bu Endah. Guru di kelas 4 SD. i can say she's the best teacher ever. bukan cuma saya yang bilang begitu, saya rasa semua warga 4a SD Pelita juga menyukainya. beliau nggak pernah marah seinget saya. beliau punya sistem sendiri biar belajarnya efektif. di kelas ini berkesan banget karena saya ganti-ganti temen duduk. dan selalu cewek-cowok. pas di semester terakhir malah saya kebagiannya duduk paling depan bareng cowok yang di semester sebelumnya masuk peringat akhir2 gitu._. dan itu tak akan terlupakan rasanya. haha.

***** yang keempat buat Bu Yani. honestly, guru ini pernah disebelin sama banyak muridnya dan termasuk saya. Kemudian pandangan saya berubah ketika saya mulai mengenalnya lebih jauh. Terutama, saat beliau beberapa kali menjadi pembimbing buat saya dan teman-teman saya dalam mengikuti perlombaan. Saya tidak pernah melupakan naik mobil mazdanya yang panjang bareng teman-teman dan habis selesai lomba, mau menang mau kalah, Bu Yani bakal traktir. Waktu itu inget banget kita makan bakso yang suangaaat enak di daerah Cijagra. Abis itu kita keliling-keliling di Batununggal. Dan meja gambar saya ketinggalan di bagasinya selama berhari-hari haha.

***** yang kelima buat Bu Hasanah. guru bahasa Indonesia di kelas 9 yang sudah membuat saya banyak berkembang. Beliau dukung saya buat terus nulis dengan cara yang tidak lebay..................... ehm, yah, saya memang seringkali punya pengalaman buruk dengan guru bahasa indonesia. hanya karena hal 'itu' saya sering diincar................. makanya saya lebih baik merahasiakannya. terutama dari guru bahasa indonesia. lain dengan Bu Hasanah, beliau bener2 pure ngedukung saya. beliau sering ngajak saya buat bikin cerpen buat latihan dan nilai kekurangan serta kelebihannya. saya terus menulis karena beliau pernah mengucapkan itu untuk saya, "Terus menulis! Amira!"

***** yang keenam buat Pak Ramly. wali kelas di kelas 9 yang super duper misterius. banyak digosipin segala hal dan sampe sekarang saya yakin misteri tentangnya masih belum terpecahkan seluruhnya. beliau adalah orang yang pertama membuat otak saya dirasuki oleh "benih-benih ekonomi". beliau guru IPS, tapi keliatan paling ceria kalo lagi ngebahas tentang ekonomi. lah beliau masuk kelas aja yang pertama ditanyain tuh uang kas gimana kabarnya. abis itu dia bakal ngejelasin panjang lebar gimana caranya mengelola uang yang baik. mending ditabung apa digimanain. kalopun ditabung banknya bagusnya yang begimana........... walopun cerewet dan obrolannya ngalor ngidul, tapi guru ini banyak wawasannya. dan ilmu darinya berguna buat saya sampai sekarang.

***** yang ketujuh buat Bu Is. guru matematika di kelas X. ibuuuuuuuuuuuuuu saya kangen diajar matematika sama ibu sumpah :' ibu satu ini ngajar mtk-nya ngebut banget sumpah. sistemnya emang bikin ngos2an yaitu nerangin-latihan-ulangan-materi baru-latihan-ulangan-materi baru-........ yah gitu terus. gak ada breaknya lah. tapi gak nyangka itu justru bikin kita jadi jago mtk. mana nilai gua dari semester 1 ke semester 2 perubahannya signifikan sekali aaaaaaaaaa ibu makasihhhhhhh :') ibu ini juga paling nggak bisa disogok ato dirayu. bukan otoriter, tapi berpegang teguh sama hal yang udah diputuskan. kalo udah diputuskan ya nggak bisa diganggu gugat lagi. dan dalam membuat keputusan itu tentu aja sebelumnya beliau udah nanya2 ke murid setuju apa nggak. terus lagi beliau itu walopun dikata serius atau galak, tapi............. sekalinya ngelucu....................... GYAHAHAHAHAHAHA. you can't even breathe.......... apalagi waktu ngajarin tentang trigonometri ini guru ngelucu mulu ampe bawa2 "kelas rubuh"2 segala Ya Allah tolong (?)

***** ini tambahan aja. karena bukan buat guru. bintang lima yang kedelapan buat Pak Agus Suhara. Mantan Kepsek SMP 28. kepsek paling keren sepanjang masa~~~~~~~ versi saya. kepsek satu ini agamis sekali. dan entah bagaimana beliau bagai pinang dibelah dua sama bapak2 yang megang kunci ruangan2 sekolah. makanya kalo murid yang baru masuk 28 suka salah ngirain bapak2 yang megang kunci itu dikiranya kepala sekolah dan suka cium tangan wkwkwk. Pak Agus punya gaya seperti Jokowi. ngerti kan? gak gengsi turun langsung ke lapangan. coba bayangin aja, mana ada kepala sekolah yang waktu kontrol keliling2 sekolah, beliau ngeliat kelas saya kosong ga ada gurunya terus dia nanya, "pelajaran apa sekarang?" "TIK paaak!" terus beliau bilang, "boleh saya yang gantiin gurunya?" dan you know what? anak2 seneng diajar sama beliau. beliau ngajarin tik dicampur agama. kadang2 ngucapin hadist atau hukum agama tentang teknologi. beliau tersenyum sepanjang mengajar di kelas kami. dan waktu itu, kelas saya adalah kelas bilingual angkatan kedua yang banyak dapet kritikan dari guru. di angkatan saya ya kelas bilingual cuma kelas saya doang makanya agak dibeda2in gitu-______- dan leganya setelah Pak Agus ngeluarin supportnya buat kita. beliau pingin kita terus semangat buat lebih baik lagi. aaaaaaaaaaa. the best kouchou ever.

ya udahlah ya. saya anggap postingan kali ini selesai~
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment