Beliefs

gue akan membahas isu sensitif kali ini, yaitu agama

jreng

nggak kok this is not going to be controversial or anything gabakal. gue gak bakal menyudutkan agama manapun, gak ngangkat isu apapun yang lagi hitz, maupun ngaku kalo gue sekarang atheist (which means biasanya sekali orang ngaku atheist langsung diserbu massa dijudge ini itulah)

kagak, gue cuma bakal bikin tulisan ini berdasar dari pengalaman gue, dari kegerahan yang gue rasa. mungkin apa yang gue kemukakan akan sedikit banyak melenceng dari ideologi para pembaca, tapi percayalah gue nulis ini bener2 ga bawa golongan apapun. ini hanya gue, murni gue, nggak ada pengaruh dari kelompok manapun. so, kalo ada yang salah, salahkanlah gue, ga usah ngejudge kalo gue masuk suatu kelompok. cuz no. ima free creature. i move with free will. so if i make mistakes, i take full responsibility. will not blame anyone but myself.

jadi, semacam kaget gue, ketika ada 2 orang berbeda yang mengajukan pernyataan/pertanyaan begini ke gue:

1. mencurigai apakah gue atheist
2. mencurigai gue islam liberal

so my purpose in making this post is to make it all clear.

1. apakah gue atheist?
tidak.

emang, gue pernah kepikiran kalo yang menciptakan agama sebenarnya adalah manusia itu sendiri. manusia dengan segala keterbatasannya ketika melihat dunia ini yang begitu magnificent kemudian beranggapan pasti ada sesuatu di balik semua keluarbiasaan alam ini dan itulah yang manusia sebut Tuhan Yang Menciptakan. dan dengan mengetahui keberadaan Tuhan, manusia merasa lega, merasa memiliki, merasa takut, merasa baik, dll

nah para atheist juga gue rasa memiliki pemikiran yang sama kayak gue

bedanya adalah, ketika para atheist memikirkan hal itu, mereka milih buat escape dari agama2 apapun itu dengan berbagai alasan. seperti mereka menganggap "yaelah jadi Tuhan itu rekaan manusia aja masa bodo gue ama agama, I QUIT.

sedangkan gue, ketika gue kepikiran hal itu, kemudian gue berpikir, oke, manusia mungkin menyadari keberadaan Tuhan ketika melihat begitu besarnya jagat raya ini. tapi itu bukan berarti manusia menciptakan sosok Tuhan. mereka hanya "menyadari" keberadaaannya, bukan "menciptakan" keberadaannya.

sebenernya gue bisa aja terlalu berlogika kemudian menganggap sholat, baca al-quran, shaum, dll itu bodoh

tapi, entah gimana, gue memilih untuk tidak berlogika berlebihan mengenai perintah Tuhan untuk beribadah. gue memilih untuk tidak begitu mempertanyakan "kenapa shaum harus satu bulan? kenapa harus di bulan tertentu aja? kenapa kita harus sholat? kenapa lima waktu? kenapa gerakannya harus sikap? kenapa tangan kanan di atas? kenapa duduk di antara dua sujud diperdebatkan posisi kakinya? kenapa ada yang telunjuknya pas tasyahud akhir goyang2 ada yg diem?"

gue berusaha menahan pertanyaan di otak gue yang sebenernya ga abis2 buat nanyain apa esensi ibadah sebenernya. karena secara substansinya, gue udah paham. hal2 yang gue gak paham adalah hal2 berupa kerikil2 kecil tapi banyak jumlahnya.

tapi, sekali lagi gue gak mikirin itu semua? kenapa? karena gue udah sangat nyaman dengan semua itu. hal yang gak bisa dijelaskan oleh logika adalah gue sangat nyaman melaksanakan sholat and will feel guilty ketika gue ninggalin sholat. sama halnya dengan ibadah yang lain. hal yang gak bisa dijelaskan selanjutnya adalah terkadang gue merasa terhubung. iya, gue akui nggak dalam semua kesempatan gue bisa khusyu menjalankannya. but when i do, itu kerasa banget terhubungnya.

2. Apakah gue islam liberal?
i dunno.

kenapa nggak seperti pertanyaan pertama, di mana gue menjawab "tidak" dengan tegas sedangkan sekarang gue malah jawab "gatau"?

karena, gue sendiri nggak tau apakah orang2 udah bener2 paham apa yang dimaksud dengan islam liberal. emang yang kayak gimanasih islam liberal itu? coba kasih tau ke gue. terus jeleknya tuh apa sih?

gini ya, liberal kan setau w itu berbau kebebasan. jadi, kalo maksudnya nanya ke gue apakah gue setuju dengan kebebasan beragama ya OF COURSE I DO.

tapi kalo nanya apakah gue islam liberal dengan refers to JIL yang pernah hitz beberapa tahun kemaren, ya gimana ya, gue juga gatau banyak tentang perkumpulan itu dan kerjaannya ngapain dan apa yang ngebedain mereka dari aliran2 islam lain dan apa yang lebih bagus atau lebih jelek dari merka dibanding kelompok2 islam lain.......................

kalo maksud pertanyaan lo yang itu, maka jawabannya adalah tidak. karena, gue boro2 tau soal JIL jadi ya gimana caranya gue jadi bagian dari JIL kalo bahkan gue kagak kenal mereka? bagaimana bisa gue se-ideologi ama JIL kalo bahkan gue gak pernah didogmain mereka?


pada intinya, gue menyebut diri gue adalah seorang yang bebas dan anti-dogmatic sih.
gue gerah aja gitu, banyak yang sok2an ngata2in JIL, syiah, dll
giliran ya giliran ditanya JIL itu gimana emang? syiah itu gimana emang? tau gak jawaban mereka apa, "KAGAK TAU DAH YANG JELAS MEREKA JELEK!"
gue bukannya gak suka kalo orang benci JIL atau syiah, yang gue gak suka adalah alasan mereka. coba dong ya sebelum lo memutuskan buat benci sesuatu tuh cari dulu lah alesannya yang bener.

itu sih sama aja lo kayak anak SD yang kalo disuruh ketua geng lu buat musuhin satu anak lo ikut2an padahal lo kagak ada masalah apapun sama anak itu. cemen emang.

cemen emang cuma mau nerima informasi dari satu sisi aja. kagak punya lebih dari satu perspektif. kasian amat yak hidupnya, terdogma gitu ama kelompok.


sebenernya sih gue dulu juga sempet terdogma gitu. gue sempet kok jadi sosok orang yang terkesan fanatik sama agama gue dan kaku. gue berubah seiring dengan gue mengenal banyak orang, termasuk juga berteman baik dengan orang2 yang memiliki kepercayaan yang berbeda.

di situ saya merasa nyaman

dan salah seorang temen non-islam gue pernah cerita ke gue tentang seseorang, sebut saja si A. si A ini adalah temen les gue yang tried so hard ngalahin gue di try out tapi ga pernah berhasil *chuckle*, yang mana gue pada awalnya cukup respect karena rajin beribadah.
tapi temen non-islam gue nggak suka sama dia. jadi mereka ini sekelas dulu waktu SMA, dan si A ini semacam membuat benteng antara orang yang islam dan non-islam, udah gitu si A ini suka bikin forum bareng temen2nya di kelas ngebicarain tentang agamanya dan ngomong kenceng tentang kenistaan orang kafir kenceng2 di mana orang non-islam yang sekelas sama dia juga bisa denger
dan iya, temen gue yang non-islam ampe gerah, bahkan dia dan temen2 non-islamnya ampe ga tahan diem di kelas kalo si A udah buka forum.

gue sebagai manusia yang punya trust issues tentu aja gak langsung percaya sama cerita temen gue itu. terus gue pake perbandingan. yaitu si iqbal, temen gue waktu kita osis smp dan juga sangat islami banget itu.
"dia islami banget kayak si iqbal gitu?"
"ya nggaklah mir, kalo iqbal mah masih ada toleransinya, masih mau lah ngobrol ama gue,masih mau lah temenan ama non-islam dan dia juga diem2 aja kalo ngomong tentang islam atau agama tuh yang baik2. si A mah boro2. bikin kesel ngedenger omongannya."

di situ temen non islam gue merasa tidak nyaman

dan setelah gue temenan di facebook, melihat apa yang biasa diposting oleh si A. ah, gue merasa mengerti. emang sih banyak yang cukup bikin gerah. sebenernya dia ini mau apa ya, padahal islam itu agama yang damai dan penuh toleransi loh. apa dia terlalu dogmatik ampe lupa hal2 itu? ah mungkin temen facebooknya orang islam semua jadi dia merasa bebas. yaudahlahya gapapa berdakwah di sosmed, tapi yang adem dong. kayak temen gue, asyifa, postingannya tentang islam tapi yang adem2, emang elu.

gini deh ya, gue kan menganggap kebebasan agama itu hal yang benar, jadi gue merangkul semuanya dan menganggap agama apapun seseorang kalo dia baik maka dia bisa jadi temen gue

sedangkan that dogmatic one menganggap agama itu gak bebas karena agama itu yang bener cuma satu dan itu tuh islam, lantas dia hanya mau temenan ama orang islam dan mengintimidasi orang non-islam dengan perangai dan lisannya??????????????? hallo(halo bandung)??????????????????
lah gimana toh mas lo berharap seluruh manusia memeluk islam tapi lo gak mau mendekatkan diri ke mereka semua???????????????????????
cuma mau barengan grup yang sepikiran ama lu doang??????????????????????????????????

so yeah
gue gak atheist
dan gue mungkin gak islam liberal (depends on your interpretation, CUZZZ gue juga ga ngerti emang islam liberal tuh yang gimana tah? coba kalo ada yg judge gue islam liberal silakan sertakan alasan dan buktinya)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment