It's so...... 2012!

hari ini adalah hari terakhir liburan.......buat gue sih. mungkin anak2 lain nganggep hari terakhir liburan itu hari kamis kemaren, berhubung jumatnya masuk. tapi bagi gue, seminggu ini tuh liburan panjang. toh walopun jumat masuk, hawa2nya masih liburan. masih santai. nah, untuk belajar eksak, otak ini harus disiapin lagi. dibangunin dari tidur panjangnya.

gue agak gelisah sih, kalo mikirin ulangan2 yang masih menanti selama minggu2 ke depan. bahkan buat minggu besok aja ada 2 ulangan yang pasti fix harus gua lewatin. yang pertama matematika. terus sosiologi. gue ampe tadi malem mimpiin ulangan sosiologi. semua anak inget cuma gue doang yang nggak. yang lain udah siap, gue malah ngerebut buku sosiologi orang lain buat belajar di 1 menit terakhir. akhirnya? gue ngerjain dengan susah payah sementara orang lain kayaknya nganggep cetek banget.

dulu emang gue gak peduli sama nilai ulangan2. buat gue dulu, yang penting gue enjoy, ngerjain sebisanya, dan jujur pake kemampuan sendiri. untuk sekarang? tetep lah jujur, tapi gue udah ga bisa terlalu nyantai lagi. masalahnya bokap peduli sama nilai2 ulangan gua. dan selalu ditanya2 berapa hasilnya. sebenernya, itu malah bikin gue tertekan. berbeda dengan nyokap yang naruh kepercayaan penuh ke gua buat ngurusin pelajaran sendiri, dan beliau cuma titip supaya gue gak nakal di sekolah...gak bikin masalah.

sekolah itu, gimana ya..... buat yang temenan sama gua, kalian pasti sering denger keluhan2 gua dalam bersekolah. gua bilang pengen berhenti sekolah lah, pengen gak sekolah, pengen gak usah belajar, pengen langsung kuliah, pengen langsung kerja, dll. dan suer ye, gue gak pernah ngucapin semua itu dengan maksud serius. suka gak suka gue sama sekolah, gue tetep membutuhkan itu. pengajaran. gue gak mau jadi manusia bodoh. gue pengen menjadi orang yang berilmu agar ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. buat gue, terserah di mata orang derajat gue serendah apa juga, tapi gue gak mau derajat gue terlihat rendah di mata Allah SWT.

dan yang bikin gua agak muak sekolah adalah... karena sekarang, sistemnya itu cenderung nyari nilai, bukan ilmu. orang berlomba2 mendapatkan nilai tinggi, dan menghalalkan segala cara. udah otak gue rasanya mau pecah kalo lagi berpikir keras pas lagi ulangan...terus, waktu gue liat orang lain, dengan enaknya mereka nyembunyiin hp di bawah meja mereka. dada gue rasanya tersayat2 liat pemandangan itu.

andai semua orang jujur ngerjain... gue bakal nganggep urutan ranking itu emang bener. tapi, berhubung banyak yang licik, gua mulai sekarang nggak pernah nganggep urutan ranking itu penting.

jadinya? gue beralih ke.......literature.

alhamdulillah. alhamdulillah gue bener2 bersyukur gue kenal sama dunia literature. tempat gue numpahin emosi gue daripada gue nangis ato marah2. dan lo tahu apa? itu juga menghasilkan!

tahun 2011 kemaren, gue berhasil namatin 2 novel. sebenernya lebih, tapi cuma ada 2 yang gue kirimin ke penerbit. yang satu, yang inisial judulnya SR, gue kirimin ke bentang. itu gue ngiriminnya bener2 iseng tapi ya tetep berharap lah. ngiriminnya juga pake e-mail, gak ada yang tau gue ngirimin itu ke bentang bahkan bokap nyokap juga gatau. gue cuma mau ngasih tau mereka kalo emang bener bakal diterbitin. novel kedua, inisialnya WUAF, gue kirim ke mizan. ini sih bokap nyokap jelas tau, karena kita langsung dateng ke redaksi mizannya sendiri.

oh ya, gue ngirimin SR tanggal 27 desember. dan WUAF, lupa tanggal berapa. pokoknya waktu liburan semester bulan januari.

terus, waktu bulan kemaren, itu gue sama intan lagi di tempat fotokopian di beruang dan malem2 lagi. ibu gue nelepon gue, ngasih tau gue katanya mizan nelepon dan WUAF bakal terbit..... aaaaaaaaa! langsung gila kan gue! gue ampe loncat2, nabrak etalase, dan nubruk mbak2. wakakakakak. yang jelas gue seneng parah waktu itu.

dan SR... itu waktu jumat malem! gua lagi depan meja belajar. dan di atas meja belajar itu ada laptop. yak, intinya sih di depan laptop. dan bukan belajar. tapi lagi abis maen.....apaya. lupa. terus gue inget, gue udah beberapa hari gak cek email. padahal biasanya tiap hari ngecek. berhubung was-was kalo ada email dari bentang.

pas gue buka, waduh, deg2an tingkat tinggi tuh ngeliat angka 3 di deket gambar amplop. pertanda ada 3 email baru yang masuk. gue buka inbox, selain dari ngomik dan foursquare........ada dari bentang!!!!!!!!!!!!!!!
gue buka tuh ya dan gak tau kenapa internet gue jadi lemot mendadak. halamannya udah keganti tapi tulisan di emailnya masih belum muncul. internet tau aja gimana caranya bikin suasana jadi dramatis. sambil nunggu halamannya selesai ditampilin, jantung gue dug dug dug dug banget. gue udah pasrah mau itu email isinya apa juga. gue udah nguatin diri tuh kalo emang ditolak.

tapi ternyata.................UWAAAAAAAAAA!!! gue seneng sekaleh meeeeeeeeen! ternyata diterima! di-te-ri-ma! ahaaaaaaaaay gue langsung loncat dan berakhir dengan sujud di lantai kamar gue yang dingin. terus gue buru2 keluar kamar, gedor2 kamar orangtua. gue ceritain semuanya dan pertamanya ortu gue agak bingung, tapi akhirnya mereka juga ikutan seneng. iyelah.

diperkirakan keduanya terbit sebelum tahun 2012 berakhir kok. alhamdulillah. 2 buku tahun ini!!!! aaaah it's so........ 2012!!! :'D

dan dua hal itu lah......yang bakal bikin gue paling bahagia tahun ini. nggak masalah mau ada kejadian apapun lagi, nggak masalah mau pelajaran seribet apa juga. yang jelas, tahun ini gue seneng. gue bener2 seneng! dalem hati gue gue pasti akan terus merasa seneng.

sayang, banyak temen gue yang bercita2 jadi penulis ketika sudah dewasa....
kenapa gak lakuin sekarang? itu lebih gampang loh. gue malah mikir, pas gue udah gede, mungkin gue bakal sibuk kerja dan gak punya kesempatan nulis sebanyak sekarang.
don't delay what you can do today!!!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment