Mungkin Gue Bisa Jadi Jaksa

dulu, kata2 bu nay yang paling gue inget adalah:
"jangan jadi hakim, jaksa, pengacara, dan polisi. karena itu adalah lingkaran setan."

ya. dalam profesi2 itu, uang yang dimainkan. sesholeh apapun diri kita sebelum berprofesi sebagai salah satunya, kalau kita sudah bener2 menjalankannya, dan ada godaan uang, mungkin sebagian dari kita bakal tergoda. walau sejujurnya gue juga nggak tau sih. apa masih ada hakim, jaksa, pengacara, dan polisi yang bener2 jujur di indonesia? yang gak pernah nerima uang yang bukan haknya/uang sodoran sepeserpun?

yang jelas, gue meski tertarik terhadap profesi2 seperti itu, gue gak bercita2 jadi salah staunya. errr, gue akui, gue pernah pengen banget jadi polisi sih. waktu kecil.

dan sekarang, entah kenapa gue malah berpikir.......gue sepertinya bisa jadi jaksa.
kenapa jaksa? karena gue jago bikin orang lain merasa bersalah.
gue juga paling gak suka sama orang yang berbuat salah tapi dia ga mau ngakuin kesalahannya, gue bakal tuntut terus dengan gencar sampe dia dapet hukuman yang setimpal.
gue sangat suka dengan keadilan dalam hukum terhadap pelanggaran2 yang sudah dilakukan seseorang.
gue mungkin nggak membantu terdakwa untuk mendapat keringanan, tapi seenggaknya, gue punya cita2 dengan adanya jaksa kayak gue yang nuntut terdakwa dihukum seberat2nya, mudah2an jumlah kejahatan di indonesia makin berkurang. dan itu artinya, gue ngebantu negara bukan?

gue masih inget, cita2 tika, temen sebangku gue pas smp, dan fanny, sobat waktu smp, keduanya pengen jadi pengacara.

ya, mungkin suatu saat kita bakal beradu mulut dalam sebuah sidang. gue tunggu saat itu.

oh ya btw.....gue masih buta soal jurusan2 yang harus gue ambil. tetep masuk kriminologi UI bisa gaaaakks?
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment