me with the dubbers team

yah, gue cerita hal2 yang umum buat diceritain aja. sebenernya hari jumat itu banyak percakapan antara gue dan dewi yang musti bgt disensor dan ya memang ga bakal gue ceritain meskipun percakapan itu adalah inti dari cerita ini :D ehehe

seumur2 ini pertama kalinya ngurusin drama besar buat perpisahan tanpa pengarahan dari orang dewasa. yah, emang guru seni budaya juga ikut. tapi beliau lepas tangan kok. yang bener2 ngurusin ya gue. gue, yang entah kenapa tiba2 disebut sutradara. gue juga nggak ngerti. padahal, awalnya gue cuma disuruh buat bikin naskah aja.

tapi yah gue stop negative thinking, gue coba usaha, gue anggep ini sebuah pembelajaran yang akan berguna buat ke depannya.

dan gue coba lakuin. meski ini kerjaan sebenernya ga ada untungnya sama sekali buat gue. malahan ngabisin waktu yang sebenernya lebih berguna buat gue gunain sebagai waktu istirahat, main, dan (mungkin) belajar.

jadi, latihan pertama kita, itu hari kamis kemaren.

ga usah ditanya gimana ancurnya. ancur banget. ga ada bimbingan dari orang dewasa yang pengalaman ngurusin drama, didubbingnya masih secara manual, udah gitu masih bingung timmingnya.

tapi alhamdulillah, berkat itu, gue jadi sadar, drama ga bakalan jalan, atau latihannya ga bakal jalan kalo dub-nya belom jadi.

alhasil, gue, dan alhamdulillah ada dewi dan intan kita bertiga sama2 ngurusin dubber. sementara guru seni budaya lebih fokus ke yang nyanyi ato dia juga ngarahin pemeran dan koreografer, gue, dewi, intan, kocar-kacir ngurusin pengisi suara. karena kita tahu, pengisi suara yang harus diutamain. biar nanti pas latihan pemeran tinggal nyocokin diri aja ke suara dari speaker, bukan sebaliknya.

proses perekaman suara itu kocak banget. hampir ga jadi juga. tapi gue pikir harus jadi, soalnya gue udah terlanjur bawa laptop, kamera, hp, dan segala perkabelan ke sekolah. gue pikir ini gabisa ditunda2 lagi.

jadi pertama, gue, intan, dewi, hamsan, dema, dan tegar nyari tempat sepi di lantai dua buat kita pake jadi lokasi perekaman. yang pertama direkam dema, terus hamsan, dan terakhir tegar. pas ngerekam tegar itu dewi pamit mau latihan marching. tapi alhamdulillah kita tetep bisa ngelanjutin. pas prosesi perekaman ada aja yang harus diulang2 gara2 salah ucap ato ngakak tak tertahankan. yang jelas seru lah.

terus kita turun. dan kita nyari anak2 lain buat rekaman lagi. udah aja tuh ya kita ngerekam suara jun, levana, dan putmei. setelah semua selese, gue, intan, dewi, duduk di koridor dan mindah2in data dari kamera ke laptop. gue dengerin pake headset dan ngakak2 sendiri. abis itu jehan juga ngasih data dia ke gue. oke, setelah komplit, gue dan intan pun pulang bareng~

tobecontinued
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment