Elemen Hari Kelahiran

Sebelumnya, perkenalkan, saya air. Dengan kata lain, lahir hari kamis. Berikutnya, saya akan menjabarkan bagaimana pemikiran saya terhadap elemen-elemen lain.

Senin, Bulan.
Orang-orang bulan umumnya menyinari di kala gelap. Mereka seperti cahaya pengharapan bagi saya ketika saya mengalami jalan buntu. Mereka juga mampu membawa saya, air, seperti misalnya peristiwa pasang-surut air laut. Orang-orang bulan dapat menggaet saya dengan cukup mudah untuk menjadi kawannya. Sang bulan juga bersifat dinamis, selayaknya bulan yang memantulkan sinar matahari, mereka pun begitu. Mereka orang yang sifatnya menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Namun ada kalanya mereka redup walau itu tak akan berlangsung lama. Mereka punya kekuatan yang membuat mereka tampak lebih bersinar lagi di kemudian waktu. Selayaknya supermoon.
Contoh teman air yang lahir hari Senin: Siska

Selasa, Api.
Si api, mempunyai kekuatan untuk menghancurkan banyak hal dengan mudah apabila ia memang menginkannya hancur. Api orang yang lincah, mudah merembet ke mana-mana tanpa ragu-ragu. Banyak orang sering mengatakan, lawan dari air adalah api. Jadi tidak mungkin cocok. Benarkah? Air justru punya beberapa kenalan orang api. Dan air ternyata bisa menjalin hubungan yang cukup baik. Memang sih cek-cok dengan api pun cukup sering. Tapi, kami itu saling timbal-balik. Ketika si api terlalu meledak-ledak, air mampu menenangkannya. Sebaliknya, ketika air terlalu tenang, api mampu membuatnya bersemangat.
Contoh teman air yang lahir hari Selasa: Arip

Rabu, Air.
Air, orang-orangnya kebanyakan bersifat sangat dinamis sampai sulit diidentifikasikan bagaimana sifat aslinya itu. Air terlalu mengikuti lingkungan, terlalu mudah terkontaminasi namun juga mudah bersih lagi, air mengikuti bagaimana bentuk wadah yang menampungnnya, dan air dapat berubah-ubah wujud. Hubungan saya dengan si air, sebagai sesama air, kami itu seperti arus. Kadang searah, kadang bertabrakkan, kadang saya berubah hanya jadi arus kecil yang akan terbawa oleh si arus besar, atau sebaliknya, saya menjadi lebih besar daripada si arus yang lain dan mampu menghanyutkannya. Saya dan orang-orang lain berhubung setipe, biasanya kami akrab. Saking akrabnya, soal sering berantem tuh jangan ditanya. Meski kami satu tipe, tapi kami tetap mempunyai sifat yang berbeda sehingga kami tak bisa saling menebak.
Contoh teman air yang juga lahir hari Rabu: Habibi

Kamis, Pohon.
Tenang, membuat gerakan-gerakan hanya bila diperlukan, tidak gegabah, dan tidak pelit berbagi manfaat dari dalam dirinya adalah sifat-sifat utama si pohon. Yang berelemen pohon juga cenderung orang yang pasrahan, seperti layaknya pohon-pohon di dunia ini yang ikhlas saja tubuhnya dipotong oleh gergaji mesin tanpa melakukan perlawan. Air menyukai pohon. Dan kebetulan juga banyak orang-orang yang saya sayangi adalah orang-orang pohon. Pohon membuat air merasa berguna. Selain itu, pohon juga dapat membuat air lebih segar, dan bisa dengan tenang mengendap di bawah akarnya menjadi air yang bersih. Saat itu air seperti tertular virus "tenang"-nya si pohon.
Contoh teman air yang lahir hari Kamis: Intan

Jumat, Emas.
Para emas adalah mereka yang tingkat kepedeannya boleh diacungi jempol. Mereka mahal karena langka dan cenderung punya berbagai kelebihan. Namun kadangkala, emas tertimbun oleh tanah sehingga kilaunya tidak dapat terlihat. Karena itu, tidak jarang masih ditemukan orang emas yang terhalang oleh orang lain sehingga sulit untuk bersinar. Padahal dari potensi, mereka sudah ada. Hanya saja mereka sulit untuk memulainya sendiri. Mereka cenderung menunggu orang lain untuk menemukannya dan membuatnya menjadi benar-benar berharga. Soal air terhadap emas... air juga masih kurang yakin apa hubungan kami secara pasti. Mungkin, kalau air dan emas disatukan, kami bisa berdampingan, dan tak akan ada hal buruk yang terjadi. Tidak akan ada kompetensi, maupun upaya saling menguntungkan. Kami bisa berdampingan tapi yah, hanya sekedar itu saja. Sulit untuk lebih maupun kurang.
Contoh teman air yang lahir hari Kamis: Agustin

Sabtu, Tanah.
Keluarga tanah adalah mereka yang kuat meski dari luar kelihatannya tampak lembek. Orang tanah adalah orang yang banyak berguna bagi orang lain. Ya tentu saja. Apa jadinya bumi jika tak ada tanah? Orang tanah pun cocok dengan air. Tanah dapat menyerap air dan menyimpannya kapan saja dalam waktu sebentar hingga lama. Tergantung bagaimana si tanah itu sendiri. Walau kadang, air justru malah membuat tanah menjadi longsor. Tapi tanah dengan mudah dapat melupakan kesalahan-kesalahan si air dan tetap mau terus menjadi temannya.
Contoh teman air yang lahir hari Sabtu: Jun

Minggu, Matahari.
Matahari adalah sumber energi utama di bumi. Makhluk-makhluk hidup dan kebanyakan elemen hampir seluruhnya membutuhkan kehadiran dari si matahari ini. Orang matahari mempunyai kemampuan untuk menghangatkan suasana, memberi penerangan, memimpin. Biasanya orang matahari juga dihormati oleh banyak orang lain karena dirinya yang luar biasa. Meski kadang juga terlalu menyilaukan, sehingga tidak banyak orang yang mampu mengenalnya hingga dekat. Hubungan air dan matahari cukup baik. Matahari menguapkan air ke angkasa, kemudian menjatuhkannya lagi dari awan. Matahari juga tempat sharing yang menyenangkan buat seorang air.
Contoh teman air yang lahir hari Minggu: Iqbal.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment:

  1. gue baru nyadar di perkenalan gue nulis hari kamis-_- bukan, maksudnya rabu.

    ReplyDelete