Permainan Nasib Kelas X

banyak orang berjuang mati-matian buat masuk IPA, dan gue belum tahu ada orang yang bisa berjuang segitunya buat dapetin IPS.
kesannya, IPS adalah suatu jurusan yang bisa diraih siapapun meski dia malas-malasan... jadi udah.. gak spesial lagi. gitu.

entah kenapa gue agak kesel dengan anggepan ini. bukan gara2 gue pengen masuk IPS, tapi gara2 gua tau justru IPS itu susah, dan gue heran sama semua orang yang ngerendahin IPS.

mungkin dia belom tau ribetnya akuntansi, ngurus worksheet, jurnal, apalah itu namanya yang bikin gue akhirnya keluar ga ngelanjutin olim ekonomi hanya dalam beberapa kali pertemuan -..-

tapi tetep, gue masih nalar ekonomi walau sesusah apapun. kalo fisika, mtk gitu gue harus meres otak keras dulu baru bisa nalar.

gue pengen masuk jurusan yang bener. yang nyambung sama jurusan di kuliah yang bakal gue ambil nanti. makanya gue pengen banyak kenalan sama anak kriminologi UI... biar gue udah siap dari sekarang. gue pengen udah punya tujuan dari sekarang, biar gue bisa bener2 fokus dan gak tersesat.

sebelumnya, gue pengen nulis kekurangan dan kelebihan gue di tiap jurusan..... kita mulai dari IPA dulu

IPA +
gue suka banget kimia, gue tertarik ngulik-ngulik matematika semenjak guru gue Bu Is, gue ngerasa pelajaran itung-itungan itu seru dan jawabannya itu pasti, gak relatif. enaknya (atau curangnya) lagi anak IPA tuh bebas mau pindah jurusan ke IPS juga. bahkan jurusan di kuliah yang IPS pun banyak diambil oleh anak yang dulunya IPA. terus emang faktanya lah IPA itu lebih diakui. dan gue berharapnya di IPA ini bisa sekelas sama anak yang bener-bener pinter, tenang, serius, biar gue juga kebawa kayak gitu. dan gue juga pengen jadi cucu Pak Dachlan yang pertama masuk IPA akaka.

IPA -
kemungkinan gue stres dan frekuensi sakit kepala gue di sini gue analisa bakal nambah parah. gue takut bakal lebih gak nyantai, gak ada waktu buat nulis < dan sumpah yang satu ini asli gue takut banget. gue takut ga ada waktu luang buat ngelaksanain hobi yang bejibun. dan gue ragu kriminologi bakal nyambung sama jurusan IPA. kan useless juga kalo bener gue masuk IPA, gue nikmatin, tapi pas mau masuk kuliah malah menyesal seribu kali.

IPS +
gue bakal nyantai! gue bisa punya waktu banyak buat nulis. dan ngikutin pelajaran IPS buat gue adalah hal yang gue gak perlu susah payah buat menjaga stabilitasnya. membaca emang pada dasarnya udah hobi gue dari semenjak 1 november 1997. dan insya Allah gue merasa cukup mudah dalam menghafal .___.

IPS -
di IPS, sebenernya ga ada pelajaran yang gue sukain. lain dari IPA tempat di mana gue punya kimia buat gue sukain banget bangetan. kadang gue malah jenuh sama pelajaran IPS. tapi sejenuh apapun, gak bakal gue hindarin sih.

permasalahan yang bikin gue bingung:
1. orangtua bener2 ngebebasin gue milih. ga ada paksaan kayak orangtua lain buat masuk ke jurusan tertentu (tapi kebanyakan pasti pengen ke IPA ye). orangtua gue gak gitu.... mereka nerima2 aja gue masuk mana juga. dan ga pernah sekalipun gue denger mereka nyuruh gue masuk jurusan mana.
2. gue ada kesempatan masuk IPA. di saat anak2 lain pengen ngejar IPA tapi gak optimis bakal kesampean.... gue malah optimis banget gue bisa masuk sana kalo emang gue mau. hasil psikotes gue IPA, dan rapot gue juga rata2 IPA-nya udah di atas persyaratan.
3. gue masih menyelidiki kesinambungan antara jurusan IPA dan IPS dengan jurusan di kuliah yang bakal gue pilih nanti. jadi masih belum fix.

conclusion?
setelah uraian yang saya sebutkan tadi di atas, saya ingin membuat sebuah keputusan yang bersifat belum resmi. hanya saya jadikan pegangan untuk sekarang saja.
saya cuma pengen bilang tiga kata:
gue pilih IPS.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment