Tau, Tapi Diem.

cuek, bodo amatan, keras kepala, dan malesin mungkin adalah beberapa contoh sifat-sifat yang gak bisa dipisahin dari gua. makanya, selama ini, gue cenderung punya sikap "Tau, Tapi Diem."
jangan salah, gue sama sekali nggak bangga punya sifat-sifat kayak gitu. gue juga udah usaha banget buat berubah. gue pengen lebih peduli lagi sama sekitar, gue pengen jadi anak yang penurut, gue pengen jadi anak yang aktif dan punya minat yang luas. gue masih progress. selama gue masih ada umur gue bakal coba terus buat berubah. buat lebih sensitif terhadap hal-hal sekitar... menghindari hal yang buruk dan mendekatkan pada hal yang baik. gue pengen kayak gitu. karena gue memang.... pengen banget jadi pemimpin. pemimpin apapun lah terserah. asalkan lembaga resmi. mau kepolisian, DPR, KPK, hayo aja. nah makanya sebelum itu terjadi, gue harus bener-bener bisa ngilangin sifat-sifat buruk gue yang tadi gue sebutin itu. karena mana mungkin gue bisa jadi pemimpin yang baik kalo gue masih jadi sosok yang cuek, bodo amatan, keras kepala,
dan malesin. gimana jadinya bawahan gue kalo guenya sendiri udah kayak gitu???

kembali ke sikap gue yang entah kenapa sering banget "Tau, Tapi Diem."
nggak usah jauh-jauh, misalnya aja ke temen gue.
gue tau keadaan mereka kayak gimana, mereka lagi sedih, mereka lagi dapet cobaan ini, mereka lagi sakit, mereka lagi suka sama siape, mereka sebenernya gini, mereka tuh sebetulnya begitu, mereka kesel sama gue, mereka benci sama orang, mereka............
sebenernya gue selalu tahu.
mungkin karena gue suka nulis cerita manusia (serius kok, gue jarang nulis fabel meskipun pernah), jadi buat gue mahamin situasi, menyadari sesuatu tentang diri seseorang itu mudah. gue tau skenario orang2 itu kayak apa. gue bisa tau apa yang nggak gue liat dan gue bisa tau apa yang nggak gue denger. gue cukup ngerasain aja. hawanya. auranya.
tapi karena keseringan tau, gue malah jadi bingung harus berbuat apa. akhirnya gue cuma diem dan seolah2 gue gatau apa2.
masih banyak rahasia orang yang gue kunci di mulut gue. sebenernya gue banyak tahu hahaha-_-v gue juga nyesel kadang2 kenapa gue musti tahu. padahal itu gak ada gunanya buat gue. kadang2 justru jadi beban pikiran.
buat yang baca ini, kali ada salah satu dari kalian yang mikir, "ah tapi si amira pasti gatau rahasia gue yang.........."
eits. belom tentu. kadang gue tuh........tau aja. beneran deh. nggak jelas sumber dari mana...... selalu random.

budeg2 gini gue bisa tau apa yang orang omongin cuma dengan ngeliat ekspresi mukanya, sorot matanya, dan gerak bibirnya. gue gak perlu denger suaranya, cuma merhatiin itu aja gue bisa tau. bahkan gausah gerak bibir deh. ekspresi aja udah cukup.
dan biasanya setelah tau suatu permbicaraan yang gak harus gue denger, gue cuma bisa.......diem. ling-lung. nyesel. (kadang) nyesek. terus pura2 gatau apa2 lagi ahahah.

gue sering kesel sama diri gue sendiri gara2 sifat gue ini. dan biasanya ini terjadi saat perpisahan. ya. kayak sekarang.
misalnya, gue ada masalah sama orang di bulan april. pas di bulan april itu gue nyadar situasi lagi gak bagus. gue nyadar orang itu sakit hati gara2 kelakuan gue. gue nyadar ada yang gak beres.
tapi..................gue saat itu bener2 gak ngelakuin apa2. gue diem. gue mencoba gak terpengaruh konflik dan dengan sok-nya gue terus-terusan aja belajar!!! hahaha!!! sok banget kan!?
giliran udah mau pisah, gue keinget lagi....... gue puter balik masa2 itu dengan buka inbox gue. yeah, gue emang gak pernah hapus sms (walopun kadang2 kehapus otomatis sama hpnya sendiri). misalnya aja gue pengen nginget2 tanggal 10 april itu ada apa, gue tinggal search sms2 yang masuk tanggal 10 april, gue baca bentar dan gue pasti bakal bisa ngebayangin 10 april itu kayak gimana.
biasanya gue muter masa lalu itu di saat senggang. nah, saat2 liburan kayak ginilah paling pas buat gue ngelakuin itu.
alhasil, di liburan ini gue......yah.......gitudeh.
gue jadi mikir, andai gue bisa ngulang kelas 10 sih gue ulang ya. bukan soal pelajaran. temen. ini beneran. gue sekarang udah tau mana yang cocok buat gue mana yang nggak :') ternyata yang dulu deket sama gue, gue sadari dia nggak tepat buat gue, dan yang dulu nggak sempet terlalu deket, ternyata malah baek banget buat gue. dan gue malah sia2in orang kayak gitu. gue malah baru nyadar semuanya di akhir. entah waktu uas, entah classmeeting. atau malah......baru hari ini? entahlah. pokoknya di akhir.

sebenernya, nggak semuanya gue sesali. banyak perbuatan gue di kelas 10 yang bikin gue pengen ngacungin jempol ke diri gue sendiri. yaitu ninggalin orang2 yang gak bener buat gue. tuh udah digaris bawahi, jadi jangan salah paham. orang2 yang gak bener buat gue belum tentu nggak bener juga buat orang lain. intinya, dia bisa kok cocok sama orang lain, tapi bukan gue. kalo dia temenan sama gue, yang ada malah jadi negatif, jadi gue tinggalin. dan itu bukan cuma 1 atau 2 orang.
reaksi orang kalo ditinggalin itu pasti.......bacot lah-_- dia bakal mikir gue jahat dsb tanpa mikir ALASAN gue itu apa. banyak lagi yang curhat sana sini dengan sudut pandangnya sendiri, gak mikirin sisi gue sendiri gimana.
ALASAN WOY ALASAN! semua hal di dunia terjadi dengan alasan bukan? mana ada asap tanpa api. mana ada orang ninggalin gitu aja tanpa sebab. seenggak ada enggak adanya pun pasti ada, cuma keliatannya aja ga ada, tapi pasti tersembunyi.
dan ninggalin pun........bukan berarti jadi musuh. gue pengennya temenan biasa aja. nggak usah akrab amatlah. akrab sama gue pun ga ada gunanya. gue ga bisa jadi orang yang jago membeli hati orang lain dengan mentraktir mereka makanan sering2, ngebeliin inilah itulah, ngasih barang bagus... gue gak bisa kayak gitu. emang kadang2 kalo lagi ada rejeki gue juga pernah, tapi kan gak sering amat. jadi gak usah terlalu menyesal lah kalo cuma ditinggalin orang kayak gue.

overall, gue......... still in progress. ada kesalahan prinsip waktu awal gue di kelas X. ngira diri gue udah bener, padahal belum sama sekali. masih banyak sifat jelek gue yang harus dibenahin. gue nyadar ini gak mudah sama sekaliiiii :S ini susah. susah banget parah.
gue sekarang ngerti pencarian jati diri itu apa :')

dulu gue gak percaya sama istilah itu, gue dulu bersikukuh ngomong, "jati diri tuh dibentuk! bukan dicari!"
sampe akhirnya ikur nyanggah, bilang: "dan lo pikir, dalam pembentukan itu gak ada pencarian?"
yaaaa~ gue sekarang ngerasain sendiri, makanya gue ngerti. gue lagi nyari........ gue tuh harus jadi orang kayak apa. minat gue tuh di mana. gue cocoknya begimana, sama dunia apa... sifat gue yang harus dipertahanin apa, yang harus dibuang apa....

menjelang 17 tahun emang....... sulit kawan :')

dan gue mulai ngerti juga kenapa semakin dewasa, kita semakin deket sama dunia hitam. kriminalitas. yap, jadi orang baik saat dewasa itu susah, sedangkan jadi orang baik saat kecil itu mudah. kita rajin ibadah waktu kecil, rajin nabung, dll belum tentu gedenya bisa kayak gitu. soalnya makin dewasa itu godaan dan cobaan yang harus dihadapi emang makin berat :') tapi insya Allah kalo punya prinsip dan iman yang kuat, semua juga bakal lancar.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment